Situbondo (Antaranews Jatim) - Kapolres Situbondo AKBP Awan Hariono mengatakan untuk pengamanan pesta demokrasi Pilkada Jatim yang akan dilaksanakan pada 27 Juni 2018 setiap lima tempat pemungutan suara (TPS) akan ditugaskan satu anggota polisi.

"Karena di Kabupaten Situbondo termasuk aman dan tidak ada kerawanan yang berarti, cukup satu anggota polisi untuk mengamankan lima tempat pemungutan suara," katanya usai Apel Pelepasan Pendistribusian Logistik Pilkada Jatim di Halaman Polres Situbondo, Jumat.

AKBP Awan menjelaskan, jumlah keseluruhan anggota Polres Situbondo dan jajaran yang dilibatkan dalam pengamanan Pilkada Jatim sebanyak 450 personel.

Menurut dia, ada beberapa titik yang dikategorikan rawan namun dalam batas normal, karena titik rawan dimaksud yaitu hanya letak geografis pengiriman logistik ke TPS yang cukup jauh dan salah satunya letak geografisnya berada di pegunungan.

"Selain di daerah pegunungan juga ada TPS yang pengiriman logistik harus menggunakan perahu (jalur laut) yakni di Dusun Merak, Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih. Oleh karena itu pada Sabtu (23/6) besok kami akan meninjau rute pengiriman ke dusun tersebut," paparnya.

Kapolres Awan menambahkan, dalam pelaksanaan Pilkada, TNI dan Polri netral dan mendukung terselenggranya demokrasi yang berkualitas dan bermartabat agar membawa kebaikan untuk masyarakat di Jawa Timur khususnya di Kabupaten Situbondo.

Dalam pantauan, pada hariJumat selain pelaksanaan pelepasan pendistribusian logistik, KPU, Bawaslu, tim sukses cagub dan cawagub dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Situbondo serta elemen masyarakat melaksanakan deklarasi damai di Aula Polres Situbondo.

Selanjutnya, sebanyak 17 truk yang mengangkut logistik diberangkatkan dari Polres ke 17 kecamatan dengan pengawalan polisi. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018