Probolinggo (Antaranews Jatim) - Sistem Informasi Kunjungan Wisatawan Mancanegara dan Dalam Negeri disingkat "Si Juwita Malam" merupakan salah satu inovasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Probolinggo dalam melakukan pendataan wisatawan di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

"Satu lagi inovasi yang akan segera diluncurkan Pemerintah Kota Probolinggo sebagai bentuk komitmen menjadi kota pintar atau smart city, yakni pendataan wisatawan menggunakan aplikasi berbasis android," kata Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Probolinggo Suciati Ningsih, di Kota Probolinggo, Minggu.

Menurutnya, aplikasi tersebut merupakan jawaban atas permasalahan keterlambatan pelaporan jumlah wisatawan pada setiap tempat penginapan dan destinasi wisata di Kota Probolinggo yang memiliki 27 penginapan dan destinasi wisata.

"Untuk melaporkan jumlah wisatawan, mereka harus mengisi formulir yang dikirim oleh Disbudpar dan formulir yang sudah diisi akan kembali diambil oleh petugas kami, sehingga prosesnya akan sangat tidak efisien, baik dari segi waktu maupun prosedur pelaporan," ujarnya pula.

Namun, lanjut dia, melalui "Si Juwita Malam", pengelola penginapan dan pengelola destinasi wisata bisa dengan mudah melaporkan data pengunjung hanya dengan mengunduh aplikasi di playstore, dan mereka sudah bisa melaporkan secara langsung data wisatawan.

"Hanya dengan mengetik kata `juwita malam` pada kolom pencarian playstore, maka akan dengan mudah menemukan aplikasi dengan latar belakang warna merah muda tersebut, sehingga kami juga sudah menyosialisasikan inovasi itu kepada pengelola penginapan dan destinasi wisata di Kota Probolinggo," katanya pula.

Suciati meminta pihak pengelola hotel dan wisata untuk memberikan laporan sesuai dengan kenyataan karena pendataan kunjungan wisatawan berbasis android itu, tidak ada kaitannya dengan perpajakan.

"Ini murni untuk melakukan pendataan wisatawan. Tujuan akhirnya adalah bagaimana data ini menjadi dasar bagi Pemerintah Kota Probolinggo untuk membuat kebijakan kepariwisataan yang lebih baik," ujarnya lagi.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018