Pamekasan (Antaranews Jatim) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pamekasan, Jawa Timur menggandeng Radio Suara Pamekasan FM menggelar debat kandidat Calon Bupati dan Wakil Bupati Pamekasan, guna mensosialisasikan program mereka kepada masyarakat.

"Debat yang disiarkan secara `live` di radio ini, akan kami gelar pada 24 April 2018 mulai pukul 19.00 WIB hingga 22.00 WIB," ujar Ketua KPU Pamekasan Moh Hamzah di Pamekasan, Selasa siang.

Debat itu digelar untuk mengetahui visi dan misi Pasangan Calon Bupati Pamekasan yang akan bersaing memperebutkan dukungan masyarakat pada pilkada 27 Juni 2018 itu akan digelar di aula salah satu hotel di Kota Pamekasan.

Menurut Manajer Radio Suara Pamekasan FM Nuri Mustofa, debat calon bupati dan wakil bupati itu tidak hanya disiarkan di radio, akan tetapi juga disiarkan langsung di media sosial facebook dan media sosial youtube.

"Siaran langsung di facebook melalui `fanpage` Radio Suara Pamekasan, yakni di PT Radio Suara Pamekasan 96,6 FM," ujar Nuri.

Sedangkan siaran di media sosial youtube pada akun Suara Pamekasan dan siaran langsung tersebut secara bersamaan, selain siaran langsung di frekwensi 96,6 FM itu.

Radio Suara Pamekasan menjadi mitra KPU Pamekasan dalam mensosialisasikan program Calon Bupati dan Wakil Bupati Pamekasan pada pilkada yang akan digelar 27 Juni 2018 itu, karena beberapa pertimbangan.

Antara lain, karena media lokal Pamekasan ini memiliki jumlah pengikut jejaring sosial terbanyak dibanding media lokal lainnya.

Untuk halaman facebook Radio Suara Pamekasan memiliki pengikut sebanyak 88.639 orang dengan jumlah penyuka sebanyak 86.170 orang.

Jumlah pengikut jejaring sosial twitter sebanyak 7.619 orang dan instagram sebanyak 3.652 orang, sedangkan youtube sebanyak 47 pelanggan.

"Tapi yang kami utamakan adalah facebook, karena pengguna facebook terbanyak di Pamekasan ini," ujarnya, menjelaskan.

Sementara itu, kebijakan KPU menjadikan media patnernya dengan persyaratan memiliki pengikut di jejaring sosial facebook banyak, berdasarkan data dari Kemenkominfo Republik Indonesia yang menyebutkan bahwa jumlah pengguna facebook di Indonesia memang sangat dominan, yakni mencapai 64 persen, atau sekitar 65.000.000 lebih dari total pengguna jejaring sosial di Indonesia.

Pengguna jejaring sosial twitter sekitar 20 persen dan sisanya merupakan pengguna jejaring sosial line, google plus, dan path.

Di Pamekasan ada dua pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Pamekasan yang akan bersaing memperebutkan dukungan massa untuk pilkada mendatang.

Kedua pasangan calon itu, masing-masing Barut Tamam-Raja`e (Berbaur) dengan nomor urut 1 dan Kholilurrahman-Fathor Rohman (Kholifah) dengan nomor urut 2.

Pasangan Berbaur diusung oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Gerindra.

Pasangan Kholifah diusung oleh Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Golkar, Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dan Partai Demokrat.

Sementara itu, Cagub/Cawagub Jatim yang akan bersaing memperebutkan dukungan masyarakat pada pilkada serentak 27 Juni 2018 masing-masing pasangan Khofifah Indar Parawansa-Elistianto Dardak dengan nomor urut 1 dan Syaifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno Putri dengan nomor urut 2. (*)

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018