Madiun (Antaranews Jatim) - Pasangan Bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Madiun Maidi dan Inda Raya resmi mendaftarkan diri pada hari terakhir ke KPU kota setempat, Rabu. 

Pasangan yang diusung oleh koalisi lima partai politik tersebut mendatangi kantor KPU Kota Madiun sekitar pukul 14.30 WIB dengan diantar oleh para pendukungnya.

"Ini adalah amanah dan pengabdian. Sehingga ke depannya harus lebih baik," ujar Bakal Calon Wali Kota Madiun Maidi usai mendaftarkan diri pencalonaannya di KPU Kota Madiun kepada wartawan.

Pihaknya menyatakan mantap untuk maju sebagai bakal calon Wali Kota Madiun terlebih saat ini terdapat lima partai politik yang mendukungnya.

Kelima partai politik tersebut adalah, Partai Demokrat, PDIP, PKB, PAN, dan, PPP. Koalisi lima partai ini memiliki kekuatan 20 kursi dari 30 kursi yang ada di DPRD Kota Madiun.

Sementara, Ketua KPU Kota Madiun Sasongko mengatakan, sejauh ini sudah ada tiga pasangan calon yang mendaftar ke KPU setempat sebagai peserta Pilkada Kota Madiun 2018.

"Hari ini adalah hari terakhir pendaftaran. Sampai saat ini sudah ada tiga pasangan calon yang mendaftar. Pendaftaran akan ditutup pada pukul 24.00 WIB nanti," kata Sasongko.

Menurut Sasongko, ketiga bakal pasangan calon tersebut adalah pasangan Haryadin Mahardika-Arief Rahman dari jalur perseorangan dan pasangan Yusuf Rohana-Bambang Wahyudi yang diusung koalisi parpol Gerindra, PKS dan Golkar. Kedua pasangan tersebut mendaftar pada hari pertama dibuka tanggal 8 Januari lalu.

Pasangan calon ketiga adalah Maidi-Inda Raya yang diusung dari koalisi lima parpol, yakni PDIP, Demokrat, PKB, PAN, dan PPP.

Sasongko menambahkan, usai pendaftaran, pihak KPU akan melakukan pemeriksaan kelengkapan berkas yang diserahkan oleh pasangan calon dan parpol pendukungnya.

Setelah pendaftaran, semua bakal pasangan calon akan menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan di RSUD dr Soetomo Surabaya.

Sesuai jadwal, pemeriksaan kesehatan akan dilakukan pada tanggal 8-15 Januari 2018, setelah proses pendaftaran pasangan calon yang dijadwalkan 8-10 Januari 2018 selesai. (*)


Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018