Madiun (Antara Jatim) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Madiun, Jawa Timur
turun ke lapangan guna melayani kebutuhan administrasi kependudukan masyarakat wilayah setempat dengan menggunakan mobil keliling.

Kepala Dinas Dukcapil Kota Madiun Nono Djati Kusumo mengatakan keberadaan mobil keliling dapat membantu dan mempermudah masyarakat dalam melakukan pengurusan kewajiban tentang administrasi kependudukan secara cepat, tepat, dan gratis.

"Kami terus berupaya jemput bola untuk melakukan pelayanan administrasi kependudukan masyarakat. Mobil pelayanan keliling tersebut merupakan fasilitas untuk memudahkan masyarakat mengurus urusan kependudukannya," ujar Nono.

Menurut dia, mobil tersebut dilengkapi alat perekaman data untuk kartu tanda pendudu elektronik (KTP-E), meliputi sidik jari, iris mata, tanda tangan, dan pengambilan foto. 

Selain itu, mobil tersebut juga dapat melayani semua pelayanan yang ada di Disdukcapil. Mulai dari pembuatan kartu keluarga (KK), surat pindah, akta perkawinan, akta perceraian, akta kematian, akta kelahiran, serta akta pengakuan dan pengesahan anak. 

Adapun, mobil layanan keliling tersebut beroperasi setiap akhir pekan, yakni hari Sabtu dan Minggu di tempat-tempat yang telah ditunjuk. Di antaranya di kantor kelurahan, kantor kecamatan, dan di tempat-tempat keramaian, seperti saat kegiatan "Car Free Day" (CFD) di jalan Pahlawan Kota Madiun.

Nono menjelaskan, layanan administrasi kependudukan dengan mobil keliling tersebut telah dilakukannya sejak bulan April 2017. 

Pihak Dinas Dukcapil telah menyusun jadwal pelayanan mobil tersebut sejak dari bulan April hingga pertengahan Desember 2017 mendatang. 

Secara bergiliran, masing-masing dari 27 kelurahan yang ada di Kota Madiun mendapat jatah pelayanan dengan menggunakan mobil tersebut. Demikian juga masing-masing kecamatan.

Dalam melayani perekaman KTP-E di 11 sekolah tingkat SMA sederajat, pihak dukcapil juga menggunakan mobil keliling tersebut. 

Tanggapan masyarakat akan adanya layanan tersebut sangat antusiias, sebab merasa sangat terbantukan. Lebih praktis, cepat, dan memangkas antrean jika mengurus di kantor dukcapil. 

Dengan layanan mobil keliling tersebut, diharapkan warga Kota Madiun semakin puas dengan pelayanan yang ada dan tidak malas untuk mengurus semua adminintrasi kependudukan. (*)

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017