Sidoarjo (Antara Jatim) - Sebanyak 368 orang calon haji plus yang tergabung dalam biro perjalanan Ebad Wisata diberangkatkan langsung dari Bandara Internasional Juanda menuju ke Jeddah sehingga bisa menghemat waktu dan tenaga.

Pembimbing Jamaah Haji KBIH Ebad Wisata Abdul Malik, Sabtu mengatakan, untuk tahun ini sebanyak 368 orang peserta yang diberangkatkan dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia.

"Alhamdulillah tahun ini bisa kami bisa  memberangkatkan calon haji ke Tanah Suci dan para jamaah bisa langsung diberangkatkan dari Bandara Internasional Juanda Surabaya langsung ke Jeddah," ujarnya di sela pemberangkatan jamaah calon haji di Sidoarjo.

Ia mengatakan, rombongan jamaah haji plus ini tanpa harus singgah (transit) dulu ke Jakarta sehingga bisa menghemat tenaga para jamaah ini.

Dari data yang ada, kata dia, saat ini terdapat 5.600 calon haji yang mendaftar melalui haji plus ini dengan waktu tunggu sampai dengan tahun 2025.

"Semoga dengan kembalinya kuota sebesar 20 persen maka bisa memampatkan waktu tunggu supaya para jamaah ini bisa segera berangkat ke tanah suci untuk menjalankan ibadah," ujarnya.

Sementara itu, Komisaris Ebad Wisata, Amaluddin Wahab, mengatakan, pihaknya sudah tiga tahun berturut-turut, memberangkatkan jamaah haji plus langsung dari Surabaya ke Jeddah.

"Bukan hanya itu,  jamaah haji yang diberangkatkan Ebad Wisata juga diberi pendampingan khusus. Masing-masing bus rombongan jamaah haji ada satu orang pendamping dari tanah air dan satu pendamping dari gaet lokal," ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Sjuriansjah salah seorang jamaah mengatakan, dirinya memilih Bebas Wisata keanekaragaman yang diberikan cukup bagus, termasuk saat berada di tanah suci nanti.

"Kalau pada saat umroh, saya sudah sering bersama dengan istri, dan tahun ini baru melaksanakan ibadah haji dengan waktu tunggu sekitar tiga tahun," ujarnya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017