Bangkalan (Antara Jatim) - Menteri Pertahanan (Menhan) Republik Indonesia Ryamizard Ryacudu mengajak mahasiswa di kampus Universitas Trunojoyo Madura (UTM) hendaknya meneladani perjuangan pahlawan Raden Trunojoyo.

 Menurut Menhan, nama Trunojoyo tidak asing bagi kalangan masyarakat Indonesia, mengingatkan kepada pahlawan nasional asal Madura yang gagah berani melawan kezaliman dan ketidakadilan pada masa lalu.

"Oleh sebab, saya berharap anak-anakku para mahasiswa Universitas Trunojoyo sekalian, dapat mewarisi sikap dan semangat kepahlawanan dari Raden Trunojoyo," ucap Menhan saat memberikan kuliah umum bela negara kepada mahasiswa dan dosen di kampus itu, Senin.

Raden Trunojoyo, kata Menhan, telah rela mengorbankan jiwa dan raganya demi keutuhan negara dan Bangsa Indonesia.

Dalam kesempatan itu, ia juga menyampaikan ucapan selamat kepala mahasiswa baru UTM, karena mereka telah terpilih melalui seleksi ujian masuk.

"Kalian adalah putra-putri terbaik bangsa yang memiliki keistimewaan, bukan hanya kalian terpilih sebagai duta-duta pembangunan kedepan, akan tetapi karena kalian juga telah mampu menunjukkan keteladanan sebagai pelajar terpilih yang berprestasi," ujar Menhan.

Ia juga berpesan agar mahasiswa sebagai penerus perjuangan bangsa agar mereka bisa menjadi generasi masa depan bangsa yang maju, unggul dan berkarakter, yang senantiasa menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

Selain itu, mahasiswa juga dituntut untuk memiliki kekuatan integritas kepribadian yang Pancasilais, mental yang kokoh, ulet, tegas dan pantang menyerah, untuk kemajuan bangsa dan negara.

Menhan dalam kesempatan itu juga memaparkan akan pentingnya semangat dan kesadaran bela negara dalam menghadapi derasnya fenomena persaingan, mempertahankan eksistensi suatu bangsa dalam era globalisasi baru.

"Era globalisasi baru yang sama maksukan disini merupakan konsekwensi logis dari pola perubahan akibat proses modernisasi yang sarat dengan pola persaingan ekonomi antarbangsa serta saling ketergantungan satu sama lain," ujarnya.

Menurut Dosen UTM Bangkalan Faidhal, kuliah bela negara dengan mengundang secara langsung Menham RI Ryamizard Ryacudu dimaksudkan untuk menumbuhkan semangat juang bagi mahasiswa baru dan memperkuat nilai-nilai ideologi bangsa, yakni Pancasila dan UUD 1945.

"Kehadiran Menhan tentunya diharapkan bisa memberika semangat baru bagi segenap civitas akademika di UTM Bangkalan ini," kata Faidhal per telepon, Senin malam. (*)

Pewarta: Abd. Azis

Editor : Akhmad Munir


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017