Sidoarjo (Antara Jatim) - SMKN 1 Sidoarjo mewakili sekolah di Provinsi Jawa Timur ikut dalam penilaian Lomba Perpustakaan Sekolah Tingkat Nasional menyusul kedatangan tim juri dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia untuk melihat pengelolaan perpustakaan di sekolah setempat.

Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin, Kamis mengaku bangga atas capaian penilaian Lomba Perpustakaan Sekolah Tingkat Nasional.

"Keberadan perpustakaan di Kabupaten Sidoarjo mendapat perhatian lebih dari Pemerintah Kabupaten Sidoarjo. Salah satunya menetapkan kantor perpustkaan Sidoarjo menjadi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan," katanya saat menerima tim juri di Pendopo Delta Wibawa Sidoarjo.
 
Ia mengatakan, semangat membaca generasi muda dapat diwujudkan perpustakaan dan berharap melalui lomba perpustakaan sekolah seperti akan menumbuhkan semangat seluruh sekolah yang ada di Kabupaten Sidoarjo untuk berbenah dalam mengelola perpustakaannya.

"Sekolah di Sidoarjo dapat menghadirkan perpustakaan dengan tampilan dan suasana yang betul-betul memperhatikan kondisi generasi muda saat ini," ujarnya.
 
Sementara itu, Ketua Tim juri Lomba Perpustakaan Sekolah Tingkat Nasional Sri Sularsi mengucapkan selamat atas terpilihnya SMKN 1 Sidoarjo dalam lomba kali ini.

"SMKN 1 Sidoarjo masuk dalam 10 besar penilaian Lomba Perpustakaan Sekolah untuk tingkat SLTA dan prestasi tersebut patut dibanggakan. Pasalnya, dari seluruh SLTA sederajat di tanah air, SMKN 1 Sidoarjo masuk 10 besar mendapatkan penghargaan," ujarnya.
 
Ia mengatakan, perpustakaan sangat penting keberadaannya bagi kemajuan pendidikan dan oleh karena itu perpustakaan dianggap sebagai jantungnya pendidikan.

"Jadi kalau perpustakaannya bagus, maka wawasan muridnya juga akan lebih bagus," ujarnya.

Ia berharap, melalui lomba seperti ini akan memotivasi sekolah untuk berlomba-lomba menghadirkan perpustakaan sekolahnya dengan baik.

"Ada beberapa unsur yang akan dinilainya. Di antaranya kondisi perpustakaan yang meliputi luas gedung, isi perpustakaan, jumlah koleksi buku yang ada serta tenaga perpustakaannya sendiri. Selain itu,  penilaiannya juga mencakup inovasi pelayanannya," katanya.
 
Kepala Sekolah SMKN 1 Sidoarjo Abdul Rofik mengatakan perpustakaannya saat ini bisa dibilang yang terbaik. Pasalnya SMKN 1 Sidoarjo dipilih oleh Dinas Perpustakaan  dan Kearsipan Propinsi Jawa Timur mengikuti lomba perpustakaan sekolah tingkat nasional.

"Bangunan perpustakaan sekolah yang dipimpinnya sangat menarik. Bangunan desain gedungnya dibentuk menyerupai buku. Pengelolaannya juga sudah berbasis komputer. Tenaga perpustakaannya juga berkompeten dalam bidangnya," ucapnya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017