Mojokerto (Antara Jatim) - Sebanyak 30 orang peserta berangkat dari Mojokerto, Jawa Timur untuk mengikuti kegiatan Temu Karya Sukarelawan Palang Merah Indonesia (TKS-PMI) Tingkat Provinsi Jawa Timur.

Wakil Bupati Mojokerto sekaligus Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Mojokerto Mojokerto, Pungkasiadi, Selasa mengatakan, kegiatan bertema kemandirian dan keberlangsungan PMI ini, akan dipusatkan di PLTA Serut, Kabupaten Blitar.

"Kegiatan ini akan dilaksanakan selama kurang lebih sepekan ke depan sejak 26-30 Juli 2017," katanya saat melepas kontingen Temu Karya Sukarelawan Palang Merah Indonesia (TKS-PMI) Tingkat Provinsi Jawa Timur, di halaman Kantor PMI Kabupaten Mojokerto.

Ia meminta supaya materi kepalangmerahan yang telah diikuti dalam bentuk diklat Korps Sukarela (KSR) beberapa pekan sebelumnya, dikuasai dan dipraktikkan.

"Upayakan ada target jenis lomba yang dimenangkan oleh kontingen dari Kabupaten Mojokerto," ujarnya.

Ia menjelaskan, materi kepalangmerahan yang telah diikuti beberapa minggu sebelumnya, harus dikuasai dan dipraktikkan saat lomba nanti di Blitar.

Menurutnya, kebersamaan dan kekompakan menjadi tambahan wejangan yang ditekankan wakil bupati. Menurutnya, gesekan personil intern maupun antar kontingen sangat berpeluang untuk menggagalkan rencana tujuan.

"Hindari gesekan personil intern maupun antarkontingen, dengan menjaga kekompakan dan kebersamaan. Jika terjadi gesekan, bisa mempersulit tujuan yang diharapkan apalagi untuk mencapai juara," ujarnya.

Dari informasi yang berhasil dihimpun, materi yang bakal diujikan dalam kegiatan TKS antara lain temu karya, pengembangan kapasitas dan persahabatan.

Temu Karya Sukarelawan yang diadakan setiap lima tahun sekali baik tingkat pusat, provinsi maupun kabupaten/ kota ini, berfungsi sebagai sarana melihat dan mengevaluasi kemampuan sukarelawan yang dimiliki oleh masing-masing PMI di Jawa Timur.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017