Surabaya (Antara Jatim) - Pemerintah Kota Surabaya optimistis rekrutmen calon Direktur Utama Perusahaan Daerah Pasar Surya (PDPS) tidak diulang meski Wali Kota Surabaya masih kurang  "sreg" dengan tiga nama calon dirut hasil uji kelayakan dan kepatutan yang diserahkan Badan Pengawas (Bawas) PDPS.
     
Kepala Bagian Perekonomian Pemkot Surabaya Khalid, di Surabaya, Jumat, mengatakan setelah Bawas PDPS penyerahan tiga nama ke wali kota beberapa hari lalu, saat ini proses untuk disposisi masih berjalan. 

"Bu wali kota masih kurang  'sreg' karena laporan bawas kurang rinci. Ibu minta laporan yang lebih detail supaya bisa memetakan sebelum membuat kebijakan," katanya.

Menurut dia, dalam rekrutmen calon dirut dan direktur administrasi keuangan, memang terdapat proses yang bertahap, sehingga ada kronologi setiap tahapan rekrutmen yang dilakukan tim penguji.

"Kami berharap bawas segera melengkapi itu dulu agar semua jelas dan keputusan bisa segera diambil," ujarnya. 

Selain itu, lanjut dia, pihaknya membantah adanya titipan partai dari tiga calon dirut yang diserahkan Bawas. Kalaupun ada yang lolos sampai ke tahap akhir dikatakan Khalid itu sudah melalui proses. 

"Saya yakin tidak ada titipan. Semua terbuka. Kalau memang ada orang yang daftar dan lolos dari unsur partai kan rekruitmennya terbuka dan siapa saja boleh daftar," ujarnya.

Ketua Bawas PD Pasar Kota Surabaya Rusli Yusuf mengatakan pihaknya sudah menerima permintaan wali kota yang meminta untuk menyerahkan laporan kronologi rekruitmen sampai mengeluarkan tiga nama dirut dan dua nama direktur administrasi keuangan. 

Ia menduga alasan Risma masih belum sreg dengan hasil yang diserahkan adalah karena ada laporan yang masih belum dilampirkan.  "Memang kami kemarin tidak melampirkan hasil komponen langsung dari penguji karena kami sudah merekap jadi kami melampirkan yang hasil rekapan," katanya.

Namun, lanjut dia, Kamis (13/7) sore pihaknya sudah menyerahkan hasil asli tulisan tangan dari penguji ke Pemkot agar wali kota semakin yakin bahwa tidak ada yang ditutup-tutupi dan sistemnya terbuka. 

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini sebelumnya mengatakan akan mengkaji tiga nama calon Dirut PD Pasar Surya yang diserahkan Bawas. "Sudah diserahkan Bawas. Tapi saya mau lihat sistem penilaiannya dulu sebelum memutuskan," katanya.

Adapun tiga nama calon Dirut PD Pasar yang diserahkan ke wali kota meliputi Dwi Hari (mantan Direktur Teknik dan Pelaksana Tugas/Plt Dirut PD Pasar), Bambang Parikesit (Plt. Dirut PD Pasar) dan Muhammad Sunar (pengusaha konstruksi).  

Sedangkan calon Direktur Administrasi Keuangan PD Pasar yakni Herman Budianto (diretur BPR Bangil Pasuruan), Amiranto (dosen Untag Surabaya/mantan Direktur Operasional Perusahan Otobus Mila Sejatera). (*)

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017