Madiun (Antara Jatim) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madiun menabur sebanyak 80.000 benih ikan di Bendungan Bening atau yang dikenal Waduk Widas yang berada di Desa Pajaran, Kecamatan Saradan, sebagai upaya meningkatan produksi perikanan di wilayah setempat.
     
Penaburan dilakukan langsung oleh Bupati Madiun Muhtarom yang didampingi oleh Wakil Bupati Madiun, Ketua DPRD Kabupaten Madiun, Kepala Bidang Perikanan Provinsi Jatim, Kasub Div  II Perum Jasa Tirta, serta pejabat jajaran di Pemkab Madiun. 
     
"Program prioritas pembangunan di Kabupaten Madiun adalah pertanian, pendidikan, kesehatan, tenaga kerja, dan keamanan wilayah. Di bidang pertanian tersebut termasuk pula perikanan," ujar Bupati Muhtarom dalam kegiatan tersebut kepada wartawan, Rabu. 
     
Menurut dia, Kabupaten Madiun memiliki potensi perikanan yang cukup besar. Baik, perikanan budi daya maupun penangkapan pada perairan umum daratan. 
     
Dan waduk merupakan sumber daya perikanan yang potensial untuk dikembangkan guna memenuhi kebutuhan masyarakat akan protein hewani yang berasal dari ikan.
     
"Selain itu juga diharapkan mampu memberikan nilai tambah dan pendapatan masyarakat di sekitarnya," kata dia.
     
Karena itu, Pemkab Madiun melalui dinas terkait dan lintas instansi yang relevan, terus berupaya untuk meningkatkan produksi perikanan di wilayah setempat.
     
"Harapannya, selain meningkatkan kesejahteraan petani mina, tujuannya juga meningkatkan tingkat konsumsi ikan di wilayah Kabupaten Madiun yang masih rendah," katanya.
     
Adapun, sesuai data yang ada, tingkat konsumsi ikan masyarakat Kabupaten Madiun baru mencapai 15 kilogram per kapita per tahun. 
     
Jumlah itu jauh dibawah konsumsi ikan nasional, baik ikan laut maupun air tawar yang mencapai 31,4 kilogram per kapita per tahun.
     
Salah satu cara yang ditempuh pemkab setempat untuk meningkatkan produksi dan konsumsi ikan di antaranya, memberikan bantuan secara berkelanjutan kepada kelompok tani ikan di wilayahnya. Baik bantuan secara stimulus maupun hibah.
     
Sementara, sesuai data, produksi ikan pada tahun 2016 di wilayah Kabupaten Madiun tercatat mencapai 3.282,66 ton, baik untuk ikan hasil budi daya maupun ikan tangkapan. (*)
     

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Akhmad Munir


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017