Surabaya (Antara Jatim) - Pemerintah Kota Surabaya bersama dengan Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI) menggelar Jambore Sepeda Tua yang akan berlangsung pada 6-7 Mei 2017 dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-724 Kota Surabaya. 
     
"Acara yang diikuti oleh berbagai kalangan ini akan diikuti oleh peserta dari berbagai daerah. Untuk itu, harapannya Surabaya bisa menjadi barometer nusantara," kata Ketua Komunitas Sepeda Tua Indonesia Slamet Mulyono di Surabaya, Kamis.

Menurut dia, jambore ini akan diikuti oleh 2.500 peserta yang berasal dari Jatim dan  luar Jatim. Ia mengatakan Jambore Sepeda Tua ini sudah menjadi bagian dari rangkaian HUT Surabaya selama lima tahun terakhir. 

"Kami juga mengajak masyarakat untuk ikut ambil bagian dari ngontel bareng ini," katanya.

Selain itu, lanjut dia, yang menjadi menarik dalam acara ini adalah silahturami yang terjalin antarpeserta yang berasal dari kabupaten/kota lainnya. Bahkan, tidak menutup kemungkinan berasal dari provinsi lainnya.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Surabaya Afghani Wardhana mengatakan karena menariknya acara ini, Wali Kota Blitar pun rencananya juga akan ikut dalam ngontel bareng ini. 

"Jambore ini juga akan diisi oleh lomba-lomba dan pameran pernak-pernik sepeda tua," katanya.

Lomba yang dimaksud tersebut dibagi dalam dua kategori yaitu lomba individu dan beregu. Untuk lomba secara individu tersebut akan berlangsung pada Sabtu (6/4), yang meliputi lomba bersepeda lambat dan lomba dorong sepeda mundur. Sedangkan lomba secara grup akan berlangsung pada Minggu (7/5), meliputi lomba kostum dan lomba ngontel bareng.

Jambore ini akan dimulai di Stadion Gelora 10 November pada pukul 07.00 WIB dan direncanakan akan dibuka oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Sedangkan untuk rute yang dipilih, yaitu Tambaksari (Stadion Gelora 10 November) – Ambengan – Kusuma Bangsa – Kapasari – Kenjeran – Kedung Cowek – Tambak Wedi Baru – putar balik arah menuju Nambangan – Jembatan Surabaya – Sukolilo Lor – Kenjeran – Kapas Krampung – Tambaksari (kembali ke lokasi awal).

"Masyarakat Surabaya dan peserta juga bisa mengunjungi pameran pernak-pernik sepeda tua yang susah ditemukan di tempat lainnya. Untuk masyarakat yang tertarik mengikuti acara ini, bisa mendaftarkan dirinya ke sekretariat KOSTI yang bertempat di Tambaksari Surabaya," katanya. (*)

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Akhmad Munir


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017