Surabaya (Antar Jatim) - Pemerintah Provinsi Jawa Timur menjadikan kawasan "Titik Nol" yang terletak di halaman Kantor Gubernur di Jalan Pahlawan sebagai lokasi wisata baru di Kota Surabaya.

"Gubernur Jatim Soekarwo sudah setuju dan segera dilakukan pembenahan untuk mempercantik kawasan," ujar Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Jatim Benny Sampir Wanto kepada wartawan di Surabaya, Kamis.

Persetujuan gubernur tersebut, kata dia, diberikan berdasarkan usulannya serta telah melalui beberapa pertimbangan, antara lain karena keunikan dan didukung  lokasinya yang sangat strategis.

"Lokasinya berada tepat di samping Tugu Pahlawan dan mudah dijangkau," ucap mantan Kepala Biro Kerja Sama Setdaprov Jatim tersebut.

Titik Nol merupakan penanda nol kilometer Kota Surabaya yang berbentuk tugu kecil setinggi 0,5 meter tepat di barat laut di halaman depan Kantor Gubernur Jatim.

"Agar lebih memiliki daya tarik dan menambah estetika, dibuat tugu lebih besar berbentuk angka nol dengan tinggi sekitar dua meter," katanya.

Menurut dia, Titik Nol Kota Surabaya juga sangat bagus menjadi obyek wisata fotografi karena jika dipotret dari sisi utara akan tampak Kantor Gubernur Jatim dengan jam loncengnya yang tinggi menjulang sebagai latar.

Sementara itu, sebagai wujud merealisasikan persetujuan Gubernur ini, pihaknya telah berkoordinasi dengan Kepala Biro Umum Setdaprov Jatim Hizbul Wathon untuk menata kawasan di sekitar sehingga tampak lebih indah dan asri.

"Dan yang lebih penting bisa lebih mudah diakses oleh para wisatawan yang berminat mengunjungi. Sebagai penanda bahwa itu titik nol, akan ditambahkan tulisan titik nol di belakang logo NOL," katanya. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017