Surabaya (Antara Jatim) - Sebanyak enam siswa dari sejumlah SMA di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur mewakili Indonesia dalam ajang olimpiade pengetahuan atau "Science Project Olympiad" (ISPO) di Brazil dan Rumania.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Saiful Rachman di Surabaya, Kamis mengatakan prestasi enam siswa yang mengikuti kompetisi di level internasional itu sangat membanggakan, sebab tidak hanya mewakili daerahnya, melainkan membawa nama baik Indonesia.

"Saya harap siswa-siswi berprestasi tersebut berkompetisi dengan penuh semangat, berusaha keras, dan tentu menjaga sportivitas selama mengikuti kompetisi di Brazil dan Rumania," kata Saiful saat menerima siswa-siswi dan guru pembimbing di ruang kerjanya.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan Sun'ah juga meminta masyarakat Indonesia untuk mendoakan sekaligus mendukung siswa dan siswi asal wilayah setempat.

"Prestasi ini diharapkan bisa memotivasi sekolah lainnya baik di Lamongan maupun kabupaten/kota lainnya di Jatim," katanya.

Sementara itu, enam siswa yang akan berkompetisi di level internasional itu di antaranya Shella Vidya Ayu dan Octaviana Galuh Pratiwi dari SMAN 2, M. Lutfi dan Shylvia Cholifatus Sholihah dari SMAN 1, dan Wullida Hayuning Bidari dan Risma Amelia dari SMAN Kedung Pring.

Sebelumnya siswa asal Lamongan itu meraih medali pada ISPO tingkat nasional, lalu dipilih menjadi wakil Indonesia di ajang ISPO Internasional yang akan diadakan di Amerika (I-SWEEP), Belanda (INESPO), Jerman, Brasil, Turki, Georgia, dan Rumania.

ISPO (Indonesian Science Project Olympiad) merupakan sebuah kegiatan olimpiade proyek penelitian dalam bidang sains, teknologi, lingkungan, dan komputer.

Kegiatan ini diperuntukan bagi para generasi muda Indonesia yang bersekolah di tingkat SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK se-Indonesia.(*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017