Bojonegoro (Antara Jatim) - Jaringan Kawal (Jaka) Jawa Timur dan "Mother Care", menyerahkan bantuan 300 judul buku juga bantuan lainnya kepada komunitas Samin di Desa Margomulyo, Kecamatan Margomulyo, Selasa.
   
"Bantuan buku juga lainnya kami serahkan kepada sesepuh komunitas Samin yaitu Hardjo Kardi," kata salah seorang pengurus Jaka Jatim, Muji Burhani.
   
Berbagai judul buku yang diserahkan itu, menurut dia, untuk melengkapi perpustakaan di Balai Budaya Samin yang ada di desa setempat.
   
"Buku yang kami serahkan judulnya umum, mulai pertanian, peternakan juga yang lainnya," jelas dia yang dalam acara penyerahan buku di komunitas Samin juga dihadiri Camat Margomulyo Arif Danang.
   
Selain itu, Jaka Jatim dan "Mother Care" juga menyerahkan 300 judul buku dan berbagai bantuan lainnya berupa sarana pendidikan, seperti buku tulis, tas, juga lainnya, kepada SDN I Desa Margomulyo, Kecamatan Margomulyo.
   
Menurut dia, pemilihan lokasi bantuan buku juga lainnya kepada SDN I Margomulyo dan kepada komnunitas Samin, karena warga di desa setempat tetap melestarikan keluhuran ajaran Ki Samin Surosentiko.
   
Selain itu, lanjut dia, daerah setempat juga relatif terpencil di bandingkan dengan daerah lainnya, sehingga membutuhkan dukungan berbagai pihak agar tidak ketinggalan dengan daerah lainnya dalam bidang pendidikan.
   
"Rombongan Jaka Jatim dan "Mother Care" (Muslimat Jaka Jatim) ada 21 personel yang ikut berkunjung ke komunitas Samin," jelas dia.
   
Kepala Desa Margomulyo, Kecamatan Margomulyo, Bojonegoro Nuryanto mengatakan bantuan berbagai buku kepada SDN I Margomulyo, juga komunitas Samin di Dusun Jepang, Desa Margomulyo, akan sangat bermanfaat.
   
Di Kecamatan Margomulyo, lanjut dia, untuk meningkatkan mutu pendidikan juga ada gerakan pengadaan 1.000 buku.
   
"Adanya bantuan berbagai judul buku jelas akan sangat bermanfaat bagi peningkatan pendidikan," katanya menegaskan.
    
Jumlah warga di Dusun Jepang, Desa Margomulyo  yang dikenal sebagai komunitas masyarakat Samin, jelas dia, terdapat 250 kepala keluarga (KK) atau sekitar 1.000 jiwa.
   
Ketua DPRD Bojonegoro Mitro'atin, yang mendampingi penyerahan buku itu, menyatakan bangga dan bersyukur atas kepedulian Jaka Jatim dan "Mother Care" kepada komunitas Samin di Desa Margomulyo.
   
"Kami siap menjalin sinergi dengan program-progam "mother care" terkait masalah sosial tidak hanya kepada ibu-ibu janda, tetapi juga peduli kepada anak-anak usia pendidikan," katanya menegaskan. (*)

Pewarta: Slamet Agus Sudarmojo

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017