Sumenep (Antara Jatim) - Pengurus Asosiasi Desa Wisata Indonesia (Asidewi) Madura Raya "menghijaukan" Pantai Sembilan di Pulau Giligenting, Kabupaten Sumenep, dengan menanam sekitar 200 bibit cemara udang.

"Ini salah satu bentuk kepedulian kami supaya objek destinasi wisata di Sumenep itu lebih rindang dan selanjutnya lebih nyaman bagi pengunjung," kata Ketua Asidewi Madura Raya, Fadel Abu Aufa di Sumenep, Jawa Timur, Senin.

Program tersebut merupakan hasil sinergi Asidewi Madura Raya dengan lembaga perbankan, biro perjalanan wisata, dan komunitas pemuda peduli lingkungan di Sumenep.

Cemara udang dipilih sebagai tanaman yang ditanam di Pantai Sembilan, karena dinilai cocok dan lebih mudah tumbuh.

Sebelumnya, elemen masyarakat peduli wisata tersebut bekerja sama dengan perangkat desa setempat juga menyediakan puluhan tempat sampah di Pantai Sembilan.

"Sejak beberapa waktu lalu, Pantai Sembilan telah menjadi salah satu objek destinasi wisata baru di Sumenep yang ramai dikunjungi wisatawan. Kami merasa berkewajiban ikut memoles Pantai Sembilan supaya lebih nyaman bagi pengunjung," kata Fadel, menerangkan.

Ia menjelaskan, pihaknya akan membantu perangkat desa setempat dalam mengembangkan Pantai Sembilan supaya bisa menjadi objek destinasi wisata andalan.

Sesuai hasil rakor beberapa waktu lalu, pengurus Asidewi Madura Raya memutuskan untuk berpartisipasi dalam pengembangan objek destinasi wisata, utamanya yang belum dikelola secara resmi oleh pemerintah daerah.

Partisipasi itu berupa pendampingan atau pembinaan kepada pengelola sekaligus ikut mempromosikan objek destinasi wisata setempat.

Salah satu objek destinasi wisata di Sumenep yang masuk dalam program pendampingan itu adalah Pantai Sembilan di Pulau Giligenting.

Pantai Sembilan yang berada di Desa Bringsang, Pulau Giligenting memiliki cekungan pasir putih alami yang bentuknya terlihat seperti angka sembilan jika difoto dari atas. 

"Upaya yang kami lakukan itu bukan dalam rangka mengambil peran pemerintah daerah, melainkan bentuk sinergi dan dukungan kami untuk mengembangkan dan memajukan objek destinasi wisata di Sumenep," kata Fadel.

Untuk sementara, Pantai Sembilan di Pulau Giligenting termasuk salah satu objek destinasi wisata di Sumenep yang belum dikelola secara resmi oleh pemerintah daerah setempat. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017