Sumenep (Antara Jatim) - Pemerintah Desa Rombasan, Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep, mengapresiasi rencana pengembangan desa wisata yang digagas pengurus Asosiasi Desa Wisata Indonesia (Asidewi) setempat.

"Beberapa waktu lalu, kami memang didatangi pengurus Asidewi yang pada prinsipnya ingin bersinergi dengan kami untuk mengembangkan desa wisata di Sumenep," kata Kepala Desa Rombasan, Muhlis Hidayat di Sumenep, Jawa Timur, Rabu.

Ia menjelaskan, beberapa warganya memang menanam buah naga di lahan miliknya dan selanjutnya sebagian lahan di desanya menjadi hamparan lahan buah naga.

Sebagian warga Desa Rombasan menanam buah naga sejak beberapa tahun lalu, karena komoditas tersebut dinilai memiliki nilai jual lebih lebih dan pangsa pasar yang bagus.

"Pada masa panen, di pinggir jalan raya di desa kami yang kebetulan merupakan jalan akses utama Sumenep-Surabaya bisa dipastikan banyak penjual buah naga," kata Muhlis, menerangkan.

Ia menduga kondisi tersebut yang membuat pengurus Asidewi mengagas rencana pengembangan desa wisata di Desa Rombasan.

"Kami memang bersikap terbuka kepada siapa pun yang bisa mengangkat potensi dan membuat perekonomian warga desa kami lebih meningkat, termasuk melalui konsep desa wisata," ujarnya.

Muhlis pun berharap pengurus Asidewi benar-benar serius, jika memang akan mengembangkan Desa Rombasan sebagai desa wisata dengan produk unggulan buah naga.

"Kami siap bersinergi. Kami memang berencana mengalokasikan sejumlah kegiatan dari anggaran desa untuk membangun dan menyediakan fasilitas penunjang di kebun buah naga, di antaranya tempat singgah bagi wisatawan atau gazebo," katanya.

Pengurus Asidewi Sumenep dan Asidewi Madura Raya menggagas program percontohan desa wisata, masing-masing satu desa di tiap kabupaten di Pulau Madura.

Desa Rombasan merupakan salah satu dari tiga desa di Sumenep yang rencananya akan dikembangkan sebagai desa wisata oleh pengurus Asidewi. 

Pengelola biro perjalanan wisata di Sumenep sebenarnya telah menjadikan Desa Rombasan sebagai paket perjalanan wisata yang ditawarkan kepada calon kliennya sejak 2015.

Salah satunya "Maduratrip Tour Wisata" yang menawarkan paket perjalanan wisata Pantai Pulau Gililabak di Kecamatan Talango dan Desa Rombasan.

Wisatawan yang menggunakan jasa biro perjalanan wisata tersebut biasanya ke Pantai Pulau Gililabak dulu dan selanjutnya ke Desa Rombasan untuk melihat kebun dan petik buah naga. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016