Sumenep (Antara Jatim) - Pengurus Asosiasi Desa Wisata Indonesia (Asidewi) Madura Raya memetakan potensi desa yang dinilai layak dikembangkan menjadi desa wisata di empat kabupaten di Pulau Madura, Jawa Timur.

"Sejak beberapa waktu lalu, masing-masing pengurus Asidewi Madura Raya yang berada di empat kabupaten di Pulau Madura menginventarisasi desa yang berpotensi menjadi desa wisata," ujar Ketua Asidewi Madura Raya, Fadel Abu Aufa di Sumenep, Rabu.

Hasil inventarisasi itu akan dihimpun dan dibahas bersama oleh pengurus Asidewi Madura Raya dalam rapat koordinasi yang akan dilaksanakan pada 12-13 November 2016 di Pantai Sembilan, Pulau Giligenting, Sumenep.

Pantai Sembilan yang berada di Desa Bringsang, Kecamatan Giligenting, Pulau Giligenting, itu termasuk desa yang akan diusulkan menjadi desa wisata oleh pengurus Asidewi Madura Raya dari Sumenep.

"Selain Pantai Sembilan, Desa Bulla'an di Kecamatan Batu Putih dan Desa Rombasan di Pragaan akan disiapkan oleh kami sebagai desa wisata," kata Fadel yang juga pengelola salah satu biro perjalanan wisata di Sumenep.

Desa Bulla'an memiliki bukit dengan hamparan tanaman cabai jamu dan Desa Rombasan memiliki lahan luas yang ditanami buah naga.

Fadel juga mengemukakan, pihaknya akan membentuk kepengurusan Asidewi di masing-masing kabupaten di Pulau Madura, yakni Sumenep, Pamekasan, Sampang, dan Bangkalan, melalui rapat koordinasi di Pantai Sembilan.

"Kami sengaja memilih Pantai Sembilan di Pulau Giligenting sebagai tempat rapat koordinasi, karena aparat pemerintah desa setempat memiliki semangat dan komitmen untuk menggarap desanya sebagai desa wisata," ujarnya, menambahkan.

Sejak awal 2016, Pantai Sembilan di Desa Bringsang, Pulau Giligenting, yang memiliki cekungan pasir putih alami menyerupai atau membentuk angka sembilan (9) jika difoto dari atas (udara) menjadi objek wisata baru di Sumenep dan telah ramai dikunjungi wisatawan nusantara pada setiap akhir pekan. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016