Sumenep (Antara Jatim) - Pemerintah Kecamatan Kota di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, memfasilitasi pemerintah desa dan kelurahan setempat memiliki dan mengelola website supaya potensi wilayahnya lebih dikenal publik.

"Kami sudah mempunyai gagasan pemerintah desa dan kelurahan di wilayah kami memiliki dan mengelola website sejak akhir 2015. Namun, gagasan tersebut baru terealisasi pada 2016," kata Camat Kota, Mohamad Junaidi di Sumenep, Selasa.

Wilayah Kecamatan Kota di Sumenep terdiri atas empat kelurahan dan 12 desa, di antaranya Kelurahan Bangselok dan Desa Kolor.

Saat ini website tersebut sudah beroperasi dan dikelola oleh masing-masing pemerintah kelurahan dan desa. 

"Mereka sudah memiliki operator yang mengunggah konten atau isi website guna memperbarui informasi terbaru di masing-masing kelurahan dan desa itu," ujarnya.

Website tersebut berekstensi atau berdomain go.id di bawah naungan Pemkab Sumenep dengan alamat: ds-(nama desa di Kecamatan Kota).sumenepkab.go.id dan kel-(nama kelurahan).sumenepkab.go.id.

"Kami bekerja sama dengan Dinas Kominfo dan PT Telkom Sumenep guna melatih petugas yang disiapkan pemerintah kelurahan dan desa untuk menjadi operator pengelola website tersebut," kata Junaidi, menerangkan.

Ia juga mengemukakan, konten website itu tidak hanya produk unggulan, akan tetapi semua informasi tentang kelurahan dan desa yang layak diketahui publik.

"Kami ingin mewujudkan aparatur pemerintah kelurahan dan desa yang melek teknologi informasi dan selanjutnya mereka bisa mempromosikan wilayahnya melalui sistem dalam jaringan," ujarnya. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016