Surabaya (Antara Jatim) - Pengurus Wilayah (PW) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Puteri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Jawa Timur menggelar Lomba Video Puisi Pelajar Via Instagram untuk menyemarakkan HUT ke-71 Kemerdekaan RI.

"Kreativitas dan bakat pelajar sangat beragam, salah satunya berekspresi melalui puisi. Potensi itu harus dikembangkan sejak dini," kata Ketua IPNU Jatim, Haikal Atiq Zamzami di Surabaya, Minggu.

Didampingi Ketua IPPNU Jatim Ertika Rossa N., ia menjelaskan HUT RI merupakan momentum yang tepat untuk menunjukkan kreativitas berpuisi, sekaligus sebagai wujud kecintaan pada bumi pertiwi.

"Karena itu, tema lomba kali ini adalah 'Cinta Kami Pada Negeri'. Tema tersebut sengaja diambil agar generasi muda bangga dan mencintai Indonesia, menggelorakan semangat nasionalisme serta mengisi kemerdekaan dengan karya dan prestasi," katanya.

Dalam berbagai momentum, IPNU dan IPPNU selalu konsisten menolak segala bentuk radikalisme, karena itu pihaknya juga mengajak kaum pelajar dan mahasiswa harus bersatu melawannya.

"Panitia lomba video puisi pelajar sengaja memilih Instagram sebagai media karena ingin hadir dan lebih dekat dengan generasi muda. Aplikasi berbasis foto dan chatting tersebut memang sedang menjadi primadona untuk meng-update aktivitas sehari-hari," katanya.

Menurut dia, syarat mengikuti lomba diantaranya pelajar, santri, mahasiswa dan kalangan umum laki-laki/perempuan maksimal berumur 29 tahun.

"Untuk menghindari plagiarisme, karya yang dikirimkan harus murni milik sendiri. Pengiriman video dibuka mulai tanggal 9 Agustus 2016 hingga 14 Agustus 2016 pukul 23.59 WIB," katanya.

Ia menambahkan video dibuat dengan cara merekam dan membacakan bait puisi paling menarik yang berdurasi 1menit. Lampirkan teks puisi lengkap pada caption video. Selanjutnya unggah melalui akun instagram dan di-tag ke  @pwipnujawatimur, @pwippnujawatimur, dan @tv9nusantara dengan hastag #videopuisipelajar.

"Pengumuman juara diumumkan secara live di TV9 Nusantara pada 16 Agustus pukul 21.30 WIB. Pemenang ditentukan oleh dewan juri, sedang juara favorit ditentukan peserta yang mendapat like terbanyak di instagram," katanya.

Sebagai apresiasi untuk pemenang, Juara 1 mendapatkan tabungan senilai Rp750.000, Juara 2 senilai Rp500.000, Juara 3 senilai Rp250.000 dan Juara Favorit senilai Rp500.000.

Selain itu, semua juara juga mendapatkan piagam penghargaan yang ditandatangani oleh Budayawan Nasional, KH. Zawawi Imron selaku Juri Kehormatan. (*)

Pewarta: Edy M Yakub

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016