Trenggalek (Antara Jatim) - Jumlah pengunjung wisata mangrove di Pesisir Pantai Cengkrong, Kabupaten Trenggalek, dalam dua tahun terakhir ini turun sekitar 35 persen akibat pengelolaan yang buruk, banyak bangunan warung liar, konflik sosial, serta wahana yang monoton.

"Volume kunjungan wisatawan pada tahun pertama jauh lebih tinggi dibanding sekarang. Kami estimasikan penurunannya hingga 35 persen," kata Ketua Asosiasi Desa Wisata (Asidewi) Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur Heru Dwi usai meninjau objek wisata mangrove di Pantai Cengkrong, Trenggalek, Jumat.

Pada tahun pertama pengembangan kawasan wanawisata mangrove di Cengkrong, kata Heru, pada hari libur biasa (Sabtu-Minggu) volume kunjungan fluktuatif antara 3.000 hingga 5.000 orang per hari.

Sementara pada saat libur sekolah, tahun baru atau Lebaran, jumlah pengunjung biasanya melonjak drastis hingga belasan ribu orang.

"Saat ini, pada Sabtu-Minggu hanya sekitar 2.000 hingga 3.000 orang per hari. Rata-rata penurunan karena pengunjung banyak yang kecewa dengan lokasi yang kurang tertata rapi, sementara andalan pemandangan hanya mangrove," paparnya.

Menurut Heru, pihaknya sudah merekomendasikan pentingnya penataan ulang kawasan wanawisata yang menjadi ikon wisata baru di Trenggalek itu.

Dalam laporan hasil kajiannya yang diserahkan ke Perhutani, kata Heru, pihaknya menyarankan pentingnya penetapan zonasi, seperti zona inti konservasi mangrove, zona ekonomi untuk pengembangan warung-warung wisata, zona ekowisata, zona parkir kendaraan hingga zona edukasi.

"Wisatawan perlu nyaman dan memiliki cukup pilihan berwisata di sini. Tidak sekedar mengunjungi hutan mangrove lalu pulang. Harus ada penataan ulang agar Cengkrong ke depan berkembang dengan baik," ujarnya.

Kepala Administratur Perhutani KPH Kediri Maman Rosmantika mengapresiasi positif hasil kajian maupun rekomendasi tim Asidewi tersebut.

Melalui serangkaian koordinasi dengan para pihak terkait, Maman memastikan Perhutani segera menata ulang objek wanawisata yang kini menjadi salah satu tujuan utama wisatawan tersebut.

"Perhutani sudah menandatangai nota kesepahaman dengan pihak ketiga untuk membantu menata ulang wanawisata Cengkrong dan Damas, sekaligus pengembangannya dengan mengedepankan keutuhan serta keasrian ekologi hutan kelapa maupun mangrove yang ada," kata Maman.

Ia berharap, pengembangan wanawisata di kawasan hutan negara yang dikelola Perhutani itu bisa menjadi model pengelolaan objek-objek wisata lain dengan sistem sharing. (*)

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko

Editor : Endang Sukarelawati


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016