Surabaya (Antara Jatim) - Universitas Kristen (UK) Petra menjadi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik kedua di wilayah Kopertis VII Jatim, setelah Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Koordinator Kopertis VII Jatim, Prof Suparapto di Surabaya, Jumat mengatakan UK Petra telah memenuhi empat butir dalam penilaian, sehingga menjadi kampus swasta terbaik kedua.

"Empat butir tersebut adalah Bidang Kelembagaan dan Kerjasama, Bidang Pendidik dan Tegana Kependidikan, Bidang Penelitian dan Pengabdian masyarakat, dan bidang Pembelajaran dan Kemahasiswaan," tuturnya.

Sementara itu, Rektor UK Petra, Prof Ir Rolly Intan, MA Sc menuturkan poin tertinggi yang diraih UK Petra dalam penilaian yang dilakukan Kopertis, yaitu terkait bidang kelembagaan (tata kelola).

"Tata kelola ini terkait dengan akreditasi. Program studi (prodi) di UK Petra mendapat akreditasi A mencapai 80 persen, sehingga UK Petra menduduki peringkat ke delapan di level nasional untuk kampus swasta terbaik," katanya ketika dikonfirmasi Antara.

Ia mengatakan lebih dari 4.000 perguruan tinggi baik negeri dan swasta di Indonesia telah mengantongi akreditasi institusi, namun hanya seribu kampus yang baru mendapatkan akreditasi institusi, salah satunya UK Petra.

"Dari seribuan kampus yang mendapatkan akreditasi institusi, hanya 26 kampus swasta dan negeri yang mendapatkan grade A, salah satunya adalah UK Petra," terangnya.

Selain itu, kerja sama dengan perguruan tinggi luar negeri juga membantu poin penilaian Kopertis. Lebih dari 70 perguruan tinggi luar negeri membantu mahasiswa UK Petra mendapatkan beasiswa belajar di luar negeri.

"Ada 70 perguruan tinggi di luar negeri yang bekerja sama dengan kami, mayoritas dari Asia, sehingga sedikitnya 500 mahasiswa UK Petra setiap tahunnya bisa mendapatkan beasiswa belajar ke luar negeri," jelasnya.

Penilaian selanjutnya, ia menambahkan mengenai publikasi ilmiah. Publikasi ilmiah terindeks copus saat ini sebanyak 280, sehingga mengantarkan UK Petra menduduki urutan ketiga sebagai PTS terbanyak menyumbangkan penelitian indeks copus.

"Kami juga mendapat ranking ke 2.289 di dunia sebagai website terbaik berdasarkan Webometrics Ranking of World Universities 2016. Harapan ke depan agar UK Petra bisa menjadi lebih baik lagi," tandasnya. (*)

Pewarta: Laily Widya Arisandhi

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016