Degan Kelapa Hijau bakar di salah satu kedai di Situbondo, Jawa Timur, mulai banyak diburu oleh pembeli. Selain rasanya enak, air degan Kelapa Hijau dipercaya dapat menyehatkan karena bisa memperbaiki metabolisme tubuh.

"Butuh waktu satu hingga dua jam untuk membeli degan kelapa hijau bakar. Karena harus dibakar di atas tungku menggunakan kayu. Namun jangan salah membeli, karena kelapa hijau terbilang sangat langka dan memiliki ciri khas tersendiri," papar pedagang degan kelapa hijau Agus Sugiharto.

Bagi  Anda yang ingin mencoba menikmati degan kelapa hijau bakar harus berhati-hati, dan jangan sampai salah memilih. Karena tidak semua degan itu memiliki khasiat sama seperti degan hijau.

Ada dua macam degan hijau, yaitu kulit di bagian dalam merah dan kulit luarnya hijau. Namun akan ketahuan jika sudah dikupas, karena kelapa hijau pasti berwarna merah, sedangkan degan biasa akan terlihat berwarna putih saat dikupas.

Kedai minuman milik Agus Sugiharto yang berada di Jalan Wijaya Kusuma, Kelurahan Dawuhan, Kecamatan Kota Situbondo, itu mulai banyak diburu pembeli. Kedai sederhana ini hanya menyediakan menu spesial, yakni degan hijau bakar.

Setelah menikmati airnya, degan kelapa hijau bakar bisa dimakan daging kelapanya. Caranya tinggal dipecah-dipecah degannya kemudian diambil isinya.

"Rasa degan bakar berbeda dengan degan biasanya. Serasa kenyal dan tidak terlalu manis. Saya menjualnya Rp20.000 per buah dan setiap hari rata-rata laku 15 hingga 20 buah degan kelapa hijau," tuturnya.

Proses penyajian degan kepala hijau bakar tergolong sederhana. Degan tinggal diletakan di atas tungku untuk dibakar menggunakan kayu selama satu hingga dua jam. Degan bakar baru bisa disajikan atau dimakan setelah airnya mendidih.

"Selain rasanya yang enak juga bisa memperbaiki metabolisme tubuh. Degan kelapa hijau bakar memiliki banyak khasiat, di antaranya melancarkan saluran kemih, menurunkan kolestrol, mencegah stroke, jantung dan juga darah tinggi," ujarnya.

Sementara seorang pelanggan kedai degan kelapa hijau bakar, Eko Kintoko, mengatakan rasa degan kelapa hijau memang berbeda dengan degan-degan lainnya. Dan manfaat mengonsumsi degan hijau bakar itu ia merasa lebih segar.

"Awalnya saya berpikir sama saja khasiat degan. Tapi setelah saya mencoba dan rutin setiap satu minggu mengonsumsi degan hijau ini, daya tahan tubuh saya juga bertambah," ucapnya. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016