Sidoarjo, (Antara Jatim) - Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur mendorong supaya produk usaha kecil menengah (UKM) yang ada di kabupaten setempat siap menghadapi pelaksanaan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah, Selasa, mengatakan, produk hasil UKM yang ada di Sidoarjo ini harus mampu dikenal masyarakat, terutama yang ada di luar Kabupaten Sidoarjo.

"Kami berharap, hasil produksi UKM yang ada di Sidoarjo ini bisa bersaing, dikenal luas oleh masyarakat terutama saat menghadapi pasar bebas MEA seperti sekarang ini," katanya saat peresmian kampung UKM digital di Kantor Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Sidoarjo.

Ia mengemukakan, di Sidoarjo sendiri saat ini banyak banyak berdiri UKM yang terdapat di 18 kecamatan dan sampai mendapatkan julukan Sidoarjo Kota UKM.

"Dengan adanya wadah ini, semoga pemasaran produk UKM di Sidoarjo, tidak dikenal di Sidoarjo saja, melainkan bisa sampai luar kota seluruh Indonesia, dan syukur jika sampai transaksinya sampai luar negeri," katanya.

Sementara itu, Ketua Kadin Kabupaten Sidoarjo Imam Sugiri mengatakan, sudah selayaknya Kadin Sidoarjo mengajak maju seluruh UKM dalam berbisnis memasarkan hasil produk. 

"Nantinya seluruh produk UKM, mulai jenis makanan, aksesoris, kerajinan dan lain sebagainya, dipasarkan secara dalam jaringan. Untuk awal, kami gabung dengan pebisnis dalam jaringan blanja.com. Dan kedepannya pasti untuk Kampung UKM Digital mempunyai nama bisnis online sendiri dalam memasarkan smua hasil produk UKM di Sidoarjo," katanya.

Kegiatan itu sendiri merupakan inisiasi dari berbagai elemen seperti dari Kadin bekerjasama dengan Telkom dan menggandeng Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Sidoarjo, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) dan Universitas NU (UNU) Kabupaten Sidoarjo.

Ketua PWI Kabupaten Sidoarjo, Abdul Rouf mengaku bangga bisa dilibatkan dalam kegiatan ini karena peran serta insan pers di Sidoarjo sangat membantu mengenalkan hasil produk UKM. 

"Kami sebagai insan pers di Sidoarjo sangat mendukung adanya program bersama ini supaya UKM yang ada di Sidoarjo ini bisa berkembang dengan bagus," katanya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016