Jember (Antara Jatim) - Bulan Ramadhan merupakan bulan mulia yang selalu dinanti oleh umat muslim di seluruh dunia karena Allah SWT akan melipatgandakan amalan baik yang dilakukan setiap muslim.

"Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan mulia, sehingga umat muslim sebaiknya memanfaatkan waktu sebanyak-banyaknya untuk melaksanakan ibadah," kata ulama dari Palestina, Syekh Muhammad Adnan Kayed Abu Jalil saat berkunjung di Kabupaten Jember.

Dalam momentum bulan suci Ramadhan, lanjutnya, banyak umat Islam yang berlomba-lomba untuk berbuat kebajikan dan meninggalkan kemudharatan untuk mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

Ia berharap umat muslim menyebarkan ajaran agama Islam melalui dakwah yang dilakukan di manapun setiap muslim berada dan dakwah tidak hanya dilakukan terbatas pada kegiatan pengajian dan ceramah agama saat kegiatan keagamaan.

"Tidak hanya para ulama dan tokoh agama yang mempunyai tugas untuk berdakwah menyampaikan ajaran agama, namun semua umat muslim punya kewajiban untuk menyampaikan kebajikan kepada sesama dan mengingatkan mereka yang ingkar," tuturnya.

Menurutnya, dakwah bisa dilakukan di rumah, tempat bekerja, dan lingkungan sekitar dengan mengajak dan mengingatkan orang lain kepada Allah SWT karena dakwah adalah kewajiban semua manusia baik laki-laki dan perempuan.

Seperti yang disebutkan dalam Al Quran:

"Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung" (QS. Al-Imran : 104).

Syekh asal Amman Yordania itu mengimbau umat Islam melakukan dakwah di tempat manapun ia bekerja dan tidak terbatas waktu karena menyampaikan kebenaran dapat meningkatkan ketataqwaan dan kecintaan terhadap Allah SWT dan RasulNya.

Selain itu, momentum puasa juga diharapkan dapat meningkatkan kepekaan untuk peduli terhadap sesama saudara umat muslim yang kini masih menderita seperti di Palestina, jalur Gaza dan muslim Rohingya.

"Indonesia adalah negara yang memiliki jumlah penduduk yang cukup banyak dan umat muslim di Indonesia juga memiliki kepedulian yang sangat besar terhadap warga Palestina," katanya.

Ia mengapreasiasi pemerintah dan masyarakat Indonesia yang memberikan bantuan terhadap warga Palestina di jalur Gaza dan muslim Rohingya.

"Saya melihat semangat warga Indonesia yang cukup luar biasa membantu saudara-saudara muslim di Palestina dan pembelaan muslim Rohingya. Begitupun juga pemerintah Indonesia," ujarnya.

Syekh Muhammad Adnan berharap momentum Ramadhan juga menguatkan persaudaraan sesama muslim karena satu umat Islam ibarat satu tubuh.
     

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : FAROCHA


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015