Latihan Gabungan TNI 2019 di Situbondo (Video)

id Latihan Gabungan TNI 2019,TNI latihan gabungan,Dharma Yudha 2019,Panglima TNI

Latihan Gabungan TNI 2019 di Situbondo (Video)

Tank milik TNI menyerang dalam Latgab TNI 2019 di Puslatpur Marinir Baluran Situbondo. Kamis (12/9/19). (ANTARA Jatim/Novi H)

Situbondo (ANTARA) - Pesawat tempur dan kendaraan tempur milik TNI dari tiga matra TNI AD, TNI AL dan TNI AU membombardir dan berhasil menghancurkan kekuatan musuh, dalam skenario Latihan Gabungan TNI 2019 di Puslatpur Marinir Baluran, Kecamatan Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur, Kamis.

Sebelum sejumlah pesawat tempur F-16 melakukan pengeboman sasaran, drone UAV CH4 yang merupakan pesawat tanpa awak dengan teknologi canggih yang dimiliki TNI AU terlebih dahulu melakukan pengintaian target yang dihancurkan.

Tidak hanya mengintai dan mengunci target, alutsista baru drone UAV CH4 juga melakukan penembakan dan melepas rudal ke benteng kekuatan musuh dan berhasil menghancurkannya.

Selanjutnya, pesawat tempur Sukhoi SU 27/30 dan jet tempur F-16 secara bergantian menyusul melakukan pengeboman ke sasaran beberapa kali dan berhasil menghancurkan target.

Kendaraan tempur lain yang beraksi dalam latihan gabungan ini seperti helikopter Apache dengan terbang rendah juga membantu melakukan penembakan sembari melepaskan rudal ke sasaran.

Kendaraan tempur lainnya juga melakukan penyerangan, seperti Tank Leopard dan meriam 76, KRI I Gusti Ngurah Rai-332, Mortir 81Rocket MLRS Grad, hingga TNI berhasil menghancurkan sasaran dengan hasil optimal.

Latihan Gabungan TNI 2019 dengan sandi Dharma Yudha ini dihadiri Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto, menggantikan kehadiran Presiden RI Joko Widodo.

Selain itu, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan tiga kepala staf yakni KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa, KSAL Laksamana TNI Siwi Sukma Adji dan KSAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna, serta pejabat tinggi lainnya dari tiga matra serta tamu undangan.

Latihan Gabungan TNI 2019 berlangsung selama empat hari, dimulai sejak 9 September 2019 dengan diikuti sekitar 12.500 personel dari tiga matra, dan puncak latihan gabungan TNI pada hari ini, Kamis 12 September 2019.

Tujuan dilaksanakannya latihan gabungan ini, selain untuk kesiapan prajurit TNI melakukan operasi ketika ada ancaman keamanan negara, juga untuk meningkatkan profesionalisme prajurit.

Rencananya Latgab TNI 2019 ini akan dihadiri Presiden Joko Widodo, namun karena karena Jokowi berhalangan hadir, sehinggan Menko Polhukam mendapat mandat hadir dalam kegiatan latihan gabungan TNI ini. 

Video Oleh Novi Husdinariyanto 
 
Pewarta :
Editor: Didik Kusbiantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar