Kuliner khas daerah tersedia di "rest area" Tol Ngawi-Kertosono

id kuliner tol,tol ngawi-kertosono,rest area mudik,Lebaran 2019,kuliner makanan khas

Kuliner khas daerah tersedia di

Ilustrasi - Gerbang Tol Madiun, jalan tol ruas Ngawi-Kertosono. (Foto: Louis Rika/Dok Antara)

Madiun (ANTARA) - Pemudik yang melintasi Jalan Tol Ngawi-Kertosono Jalur B yakni dari arah Surabaya menuju Ngawi akan dapat menikmati wisata kuliner makanan khas daerah setempat saat singgah di rest area (tempat peristirahatan) KM 597 di Kabupaten Madiun, Jawa Timur, yang disediakan oleh pengelola kios makanan.

"Kalau musim mudik dan balik Lebaran seperti ini lumayan ramai. Banyak yang pesan kopi dan makanan khas," ujar salah satu penyewa kios di rest area KM 597 Jalan Tol Ngawi-Kertosono, Nurhidayaningsih, Rabu.

Ia mengaku telah menyewa salah satu kios di rest area tersebut sejak dibukanya ruas tol Ngawi-Kertosono. Selain kuliner masakan khas, pihaknya juga menyediakan makanan lain seperti mie instan dan aneka jajanan

Pelaku UMKM yang menyewa kios pujasera di rest area tersebut menjual makanan khas Jawa Timur yang dapat mengurangi rasa lelah dan lapar saat perjalanan mudik maupun balik Lebaran. Di antaranya makanan nasi pecel, ayam lodho, sup iga sapi, rawon, soto, dan gule sapi.

Terdapat belasan kios di rest area tersebut yang digunakan untuk tempat makan serta minum dan satu kios lainnya digunakan mesin ATM bank.

Selain kios makanan, rest area tersebut juga dilengkapi dengan fasilitas lain seperti ruang kesehatan, toilet umum kontainer, dan musala kontainer.

Sementara, Direktur Utama PT Jasa Marga Ngawi-Kertosono-Kediri Iwan Moedyarno menyatakan manajemen pengelola tol terus berupaya memperbaiki pelayanan menjelang masa angkutan Lebaran 2019.

Manajemen akan lebih memperhatikan pelayanan dan fasilitas yang diberikan agar pengguna jalan tol lebih nyaman.

"Untuk layanan lalu lintas, ada mobil derek patroli, ambulans, hingga informasi lalu lintas. Informasi tol itu kami sampaikan ke info lalu lintas yang bisa dihubungi," kata Iwan Moedyarno saat dihubungi.

Lebih lanjut, dia menyebutkan rest area yang sudah permanen di jalur tol Ngawi-Kertosono ada empat titik, masing-masing dua di satu arah. Satu di KM 597 yang lokasinya berhadap-hadapan, kemudian di KM 626. Selain itu, juga dibuat yang fungsional atau masih darurat di KM 640.

Iwan menjelaskan beberapa fasilitas lainnya di lokasi rest area antara lain tempat istirahat, toilet, hingga pujasera.

Manajemen juga akan bekerja sama dengan dinas kesehatan untuk menyediakan pos kesehatan termasuk unit patroli rutin.

Pihaknya berharap dengan fasilitas yang telah diberikan itu bisa membuat pengguna kendaraan yang lewat di jalan tol nyaman, terlebih lagi mendekati Lebaran 2019.

Pengguna jalan juga diimbau untuk istirahat jika capai. Selain itu, juga diminta untuk mengendarai kendaraan sesuai batas kecepatan yang ditentukan.
Pewarta :
Editor: Didik Kusbiantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar