Nikmatnya Cokelat Glenmore Banyuwangi (Video)

id Banyuwangi,kakao glenmore,chocolate,glen choco

Nikmatnya Cokelat Glenmore Banyuwangi (Video)

Ilustradi - Tissa Aunilla, pendiri Pipiltin Cocoa saat memberikan pelatihan pengolahan cokelat di Doesoen Kakao Perkebunan Kendeng Lembu, Glenmore, Banyuwangi. Minggu (17/2/19) (istimewa)

Banyuwangi (Antaranews Jatim) - Cokelat merupakan salah satu  makanan favorit di Indonesia, dan bahkan cokelat dari biji kakao ini diyakini menjadi makanan yang  dapat dan bisa memperbaiki "mood" seseorang.

Namun demikian, sejauh ini masyarakat Indonesia pecinta  cokelat hanya sebagian kecil yang benar-benar dapat menikmati rasa
cokelat yang berkualitas tinggi dan memiliki rasa cokelat sesunggunya cokelat.

Nah, bagi anda yang ingin menikmati rasa cokelat enak dan berkualitas tinggi bisa datang ke Doesoen Kakao, Perkebunan Kendeng Lembu, Desa Karangharjo, Kecamatan Glenmore, Kabupaten Banyuwangi.

Perkebunan kakao bahan pembuat cokelat yang dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara XII, saat ini telah mengolah biji kakao menjadi serbuk
cokelat dan juga cokelat batangan (cokelat konsumsi).

Di Pabrik Pengolahan Cokelat Perkebunan Kendeng Lembu PTPN XII, ini anda bisa menikmati beragam olahan cokelat, mulai serbuk cokelat,
cokelat batangan, minuman cokelat dan olahan cokelat lainnya.

Tentunya, rasa cokelat di Doesoen Kakao ini berbeda, karena tanaman kakao bahan pembuat cokelat ini merupakan jenis edel yang sudah terkenal dan paling dicari di dunia, bahkan cokelat jenis edel disebut juga cokelat mulia.

Selain di Doesoen Kakao dapat menikmati cokelat jenis edel, pengunjung wisata perkebunan kakao ini juga bisa mendapatkan pengetahuan proses pengolahan biji kakao menjadi cokelat di pabrik pengolahan cokelat yang telah diresmikan oleh Menteri BUMN Rini M Soemarno pada 16 Februari 2019.

Bucan, salah seorang pengunjung wisata perkebunan kakao di wilayah selatan kabupaten ujung timur Pulau Jawa, ini merasa senang dapat menikmati dan merasakan cokelat yang berkualitas tinggi dan terkenal di dunia.

"Baru sekarang saya merasakan cokelat enak, rasanya ma'nyus dan pahitnya terasa. Yang pasti berbeda dengan cokelat-cokelat yang selama ini saya makan," katanya.

Ia mengaku, selain menikmati rasa cokelat edel di gerai Pabrik Cokelat Kendeng Lembu PTPN XII, juga memboronga cokelat batangan untuk dikonsumsi keluarganya.

"Saya beli cokelat batangan ada yang Rp12.000 dan harga Rp30.000, rasanya beda dari cokelat lainnya loh," ujar Bucan.

Bagi anda yang penasaran dengan rasa cokelat dari biji kakao jenis edel yang terkenal di dunia itu, cukup menempuh perjalanan sekitar satu jam dari Kota Banyuwangi ke Doesoen Kakao. Selamat mencoba ya... (*)

Video Oleh Novi Husdinariyanto
 
Pewarta :
Editor: Slamet Hadi Purnomo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar