Segarnya Es Degan Durian 

id Segarnya Es Degan Durian ,es durian kediri ,degan durian ,pemkot kediri

Segarnya Es Degan Durian 

Es degan durian Bu Wati, di depan RSUD Gambiran Kediri, Jawa Timur.) Antara Jatim/ Asmaul Chusna)

Dulu mencoba mencampur dengan durian dari kelud itu, dan ternyata banyak orang yang suka. Tapi, karena durian kelud terbatas, akhirnya beralih ke durian medan
Kediri (Antaranewas Jatim) - Bagi pecinta durian, musim durian yang melimpah tentunya jadi buruan. Buah durian bukan hanya sedap dimakan langsung, tapi diolah menjadi beragam mamin juga tidak kalah sedap.

Di Kota Kediri, Jawa Timur, ada salah satu tempat jualan minuman yang cukup digemari banyak orang. Jenis minuman itu adalah es degan durian. Kelapa muda dicampur dengan daging buah durian, diberi kucuran susu, gula, serta diberi air degan. Rasanya nendang....

Adalah Bu Wati, warga Kelurahan Bandar Lor, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri. Buah durian jadi andalan minuman yang dijualnya. Berawal dari iseng mencampur buah durian di minuman kelapa muda yang dijualnya, ternyata rasanya disukai banyak orang.

"Dulu mencoba mencampur dengan durian dari kelud itu, dan ternyata banyak orang yang suka. Tapi, karena durian kelud terbatas, akhirnya beralih ke durian medan," kata Wati.

Ia mengaku, dalam sehari bisa menghabiskan buah kelapa muda hingga 50 biji. Buah itu dibelah dan diambil air kelapa. Buah dikeruk dengan sendok agar menjadi bagian yang lebih tipis dan mudah untuk dimakan. setelahnya, buah ditaruh di dalam gelas, dicampur dengan daging buah durian.

Setelahnya dicampur dengan susu, gula, lalu diberi air. Ditambahi dengan es batu, jadilah es degan durian yang segar, legit dan nikmat. Yummi rasanya.....

Wati mengaku, dalam sehari bisa menjual hingga sekitar 200 gelas degan durian. Harganya juga relatif terjangkau, hanya Rp6.000 per gelas. Selain degan durian, ada beragam jenis minuman lainnya, misalnya degan susu, degan sirsat, degan buah naga. Jika pembeli berminat es degan saja, juga bisa. 

"Kalau yang ramai ya es degan durian. Banyak yang suka," ungkap Wati.

Sejumlah pembeli mengaku sering ketagihan membeli es degan durian buatan Bu Wati ini. Rasanya legit dan manis. Rasa durian juga cukup terasa, bisa sebagai pemanis rasa minuman ini.

"Saya dua kali membeli es degan durian. Awalnya, iseng, tapi ternyata rasanya juga enak. Perpaduan antara manis dari gula, legit dari durian pas, jadi tidak terlalu enek," ujar Ana, salah seorang pembeli.

Jika kebetulan melintas di dekat RSUD Gambiran Kediri, tidak salah mencoba minuman legit ini. Selain harganya murah, setiap hari juga berjualan mulai pagi sampai habis. Namun, saat membeli, harus antre, sebab banyak yang beli. (*) 
Pewarta :
Editor: Chandra Hamdani Noer
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar