Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bojonegoro menerima surat suara sebanyak 1.055.024 lembar untuk Pemilihan Bupati 2024, sementara untuk surat suara Pemilihan Gubernur masih menunggu.

"Surat suara Pemilihan Bupati sudah datang kemarin, jumlahnya 1.055.024 lembar," kata ketua KPU Kabupaten Bojonegoro, Robby Adi Perwira di Bojonegoro, Jawa Timur, Jumat.

Robi menambahkan, surat suara yang telah dikirimkan ke KPU, sebelum masuk ke percetakan sudah mendapat persetujuan dari kedua pasangan calon. Sementara untuk surat suara Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2024, diperkirakan pada pekan ini akan diterima oleh KPU setempat

Terkait pelipatan surat suara, ia belum bisa memastikan waktu pelaksanaannya.

"Terkait persiapan pelaksanaan pelipatan akan dirapatkan internal KPU, tapi saat pelaksanaannya akan diawasi Bawaslu juga," jelasnya.

Sementara ini, lanjut Robi, logistik Pilkada 2024 yang sudah datang diantaranya tinta, bilik suara, kabel tis, kotak suara, segel dan surat suara. Sedangkan untuk proses distribusi masih menunggu seluruh logistik siap di KPU Kabupaten Bojonegoro.

Robi menambahkan, surat suara untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 memiliki ukuran lebih kecil dibanding saat Pemilu Serentak lalu. Dengan ukuran yang lebih kecil tersebut, proses pelipatan surat suara akan lebih cepat.

"Mengenai teknis pelipatan segera dikoordinasikan, termasuk petugas lipat yang akan dilibatkan," kata Robi.

Seperti diketahui jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada 2024 di Kabupaten Bojonegoro, KPU setempat menetapkan sebanyak 1.026.363 pemilih yang tersebar di 28 kecamatan, 430 desa/kelurahan dan 2.120 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Pewarta: Muhammad Yazid

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024