Makanan laut atau seafood menjadi salah satu menu andalan bagi pecinta kuliner karena selain rasanya yang lezat, juga mengandung banyak nutrisi yang baik bagi tubuh yakni kandungan protein, asam lemak omega 3, vitamin dan mineral. 

Aneka ragam makanan laut juga dapat memberikan banyak sekali nutrisi yang membawa manfaat bagi tubuh, sehingga seafood sering menjadi menu favorit di semua usia dan kalangan, serta sangat disayangkan kalau dilewatkan tanpa seafood.

Kuliner seafood hampir tersaji di berbagai daerah, terutama kabupaten/kota yang memiliki kawasan pesisir pantai dengan hasil tangkapannya yang melimpah seperti Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Salah seorang ibu rumah tangga yang juga pecinta makanan laut, Zulfa Agustina dengan keahliannya memasak mencoba menawarkan kuliner seafood yang berbeda dengan yang lain dengan menu mulai dari lobster, kepiting, kerang, udang, dan cumi dengan beragam saus yang ditawarkan.

"Untuk menciptakan resep yang pas, saya trial and eror dengan mencoba beberapa kuliner seafood yang terkenal di Jember dan Banyuwangi karena kebetulan saya warga Banyuwangi yang tinggal di Jember," tuturnya.

Dari hasil menjelajah rasa seafood beberapa restoran terkenal itu, ibu satu anak tersebut akhirnya menemukan resep seafood yang beda dengan kuliner makanan laut pada umumnya dengan menyasar segmen kalangan menengah ke bawah.

Sebenarnya Zulfa mulai berbisnis kuliner seafood sejak 2019 atau sebelum COVID-19, namun karena kesulitan bahan baku menjadi kendala utama untuk terus berbisnis ditambah saat pandemi sektor perekomomian semakin terpuruk.

Ia kembali mulai berbisnis kuliner seafood pada September 2024 dengan memberi nama "Senja Seafood" dan hanya melayani pemesanan saja (delivery order) yang menyajikan kuliner makanan laut yang berbeda dengan seafood pada umumnya.

"Selama ini makanan seafood identik dengan harga mahal, sehingga kami mencoba menawarkan kuliner seafood yang harganya terjangkau dengan bumbu melimpah agar konsumen puas menikmatinya," katanya.

Untuk mendapatkan bahan baku yang berkualitas dengan harga terjangkau, Zulfa kadang berburu hingga luar daerah seperti Probolinggo, Pasuruan, dan Gresik karena terkadang bahan baku seperti lobster, kepiting dan kerang hijau susah didapatkan di Jember.

"Kami harus mencari bahan baku di luar daerah, namun sudah ada pemasok yang datang ke Jember untuk menyuplai bahan baku aneka seafood itu dan sering mendapatkan bahan baku dari Gresik," katanya.

Beberapa menu yang ditawarkan yakni Senja Squid, Senja lobster, Senja shells, Senja Shrimp, dan Senja Crab dengan harga mulai Rp20 ribu hingga Rp190 ribu disesuaikan dengan berat bahan baku makanan laut tersebut.
 
Menu lobster dan kepiting yang belum diberi bumbu varian sausnya (ANTARA/Ho-Senja Seafood)

Namun konsumen juga dapat memilih menu Senja Mix yakni perpaduan beberapa seafood dijadikan satu dengan harga yang terjangkau mulai dari Rp80 ribu hingga Rp110 ribu.

Varian bumbu saus untuk olahan di Senja Seafood juga disesuaikan dengan selera konsumen, sehingga ada beberapa pilihan yakni saus padang, asam manis, garlic butter, blackpapper, saus tiram, dan saus telur asin, namun yang sering dipesan banyak konsumen yakni saus padang, blackpapper dan asam manis.

Nah bagi anda yang kebetulan jalan-jalan di Jember dan penasaran dengan sensasi seafood dengan bumbu melimpah, namun harga terjangkau di kantong bisa langsung intip beberapa menu nya di ig@senja_seafood.id dan memesannya.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024