Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur menyebutkan pengiriman logistik tahap pertama Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) berupa kotak suara telah terdistribusi sebanyak 90 persen ke gudang penyimpanan KPU Kabupaten dan Kota. 

"Alhamdulillah untuk kotak suara sudah 90 persen sudah tiba di gudang-gudang logistik KPU Kabupaten dan Kota," kata Komisioner KPU Jatim Miftahur Rozaq saat dihubungi dari Surabaya, Senin. 

Rozaq mengatakan pada distribusi tersebut juga dikirimkan bilik suara sebanyak 40 persen, kabel ties sebanyak 40 persen, dan tinta sebanyak 20 persen.
​​
Ia menjelaskan logistik tahap pertama yang berupa kotak suara, bilik suara, hingga kabel ties dan tinta ini untuk proses pengadaannya dan kewenangannya memang diberikan kepada KPU Provinsi Jatim meski anggaran dari masing-masing KPU Kabupaten dan Kota.

"Meskipun anggarannya bersumber dari masing-masing satuan kerja atau masing-masing KPU Kabupaten dan Kota," ujarnya. 

Sementara saat ini, KPU Jatim dalam proses pengadaan logistik tahap kedua yakni untuk perlengkapan yang berhubungan dengan pasangan calon (paslon) seperti kertas suara, maupun formulir formulir.

Rozaq menuturkan kebutuhan logistik pada pilkada serentak 2024 tersebut menyesuaikan dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) yang ada di Jatim sebanyak 31.280.418 pemilih.

Untuk kebutuhan bilik suara sebanyak 171.502 dan segel berjumlah 1.853.000 sedangkan surat suara 32.088.910 serta alat bantu tuna netra sebanyak 60.751.

"Surat suara itu setelah ditambah 2,5 persen di setiap TPS," katanya.

Pewarta: Faizal Falakki

Editor : Astrid Faidlatul Habibah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024