Program Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu) Mengajar menyasar tiga sekolah di Sidoarjo, Jawa Timur, yakni SD Muhammadiyah 1 Candi, SMPIT Insan Kamil, dan SMK Telkom Sidoarjo.
 
Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Jawa Timur 1, Untung Basuki di Sidoarjo, Senin, mengatakan kegiatan ini untuk mengenalkan peran Kementerian Keuangan dalam mengelola Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) kepada para pelajar melalui kegiatan Kemenkeu Mengajar.

Ia mengatakan kegiatan Kemenkeu Mengajar ini dilaksanakan sejak tahun 2016 dan untuk tahun 2024, Kemenkeu Mengajar dilaksanakan serentak pada 7 Oktober 2024 di berbagai daerah di Indonesia.

Baca juga: Kemenkeu kenalkan fungsi dan peran ke siswa SLB di Surabaya
 
"Tahun ini mengambil tema 'Peran APBN dalam mewujudkan Kecerdasan, Kesehatan, dan Kesejahteraan'," katanya.
 
Pelaksana kegiatan ini adalah para relawan yang terdiri atas pegawai Kementerian Keuangan gabungan dari beberapa Unit Eselon 1 Kementerian Keuangan yang berada di Wilayah Kabupaten Sidoarjo.
 
Sedangkan yang ditunjuk sebagai Koordinator Daerah adalah Irawan Budiono, Kepala Seksi Pengawasan VI di KPP Pratama Sidoarjo Utara.
 
"Kegiatan Kemenkeu Mengajar ke-9 di Kabupaten Sidoarjo diisi dengan pemberian materi mengenai tugas dan profesi di Kementerian Keuangan, atraksi dari unit K9 dan laboratorium Ditjen Bea Cukai, serta atraksi dari sekolah," kata dia.
 
Kepala SMK Telkom Sidoarjo Abror mengatakan pihaknya mengapresiasi kegiatan ini dan berharap kegiatan ini bisa berkelanjutan.
 
"Kami mengapresiasi kegiatan ini dan berharap kegiatan ini ada kelanjutannya supaya bisa dilakukan pengembangan lebih lanjut," katanya.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024