Kepolisian Resor (Polres) Situbondo, Jawa Timur, menerjunkan anggotanya melakukan penjagaan dan pengamanan 24 jam gudang logistik Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024.

Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Polres Situbondo Kompol Slamet Santoso mengatakan selama masa tahapan pemilihan bupati dan wakil bupati, pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur ada sekitar 400 personel yang tersebar di 17 kecamatan.

"Khusus di gudang logistik pilkada di Gedung Serbaguna Baluran, penjagaan dilakukan 24 jam secara bergiliran oleh dua anggota kami (polisi) dan dibantu satu anggota TNI, serta petugas dari internal KPU," katanya di Situbondo, Kamis.

Menurut Kompol Slamet, Polri dan TNI bersinergi melakukan pengamanan ketat di gudang logistik dalam rangka menjaga kelancaran dan keamanan logistik pilkada.

Baca juga: KPU Situbondo terima dua jenis logistik Pilkada Serentak 2024

Gudang logistik ini menjadi tempat menyimpan berbagai kebutuhan penting seperti surat suara, kotak suara dan peralatan pemungutan suara lainnya yang menjadi elemen krusial dalam pelaksanaan pilkada.

"Selain melakukan penjagaan di gudang logistik, selama tahapan pilkada, kami juga melaksanakan patroli rutin, termasuk akses keluar dan masuk gudang dibatasi dan diawasi ketat, dan hanya petugas dari KPU dan pihak terkait lainnya diizinkan masuk," kata Kompol Slamet.

Sinergi TNI dan Polri dalam pengamanan ini diharapkan mampu mencegah berbagai bentuk ancaman pencurian, sabotase atau potensi kecurangan yang dapat mengganggu proses demokrasi.

Baca juga: KPU Situbondo jadwalkan debat antar-pasangan calon di tahapan kampanye

Sampai saat ini, KPU Kabupaten Situbondo baru menerima dua jenis logistik Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Situbondo tahun 2024.

Pada tahap pertama, KPU menerima logistik 2.084 kotak suara dan 12.300 segel plastik, sedangkan logistik lainnya seperti surat suara, bilik pemungutan suara, tinta, salinan daftar pemilih tetap, dan lainnya masih menunggu distribusi dari KPU RI.

Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Situbondo 2024 saat ini sudah memasuki masa tahapan kampanye dimulai tanggal 25 September hingga 23 November mendatang.

Adapun calon bupati dan wakil bupati Situbondo, yakni pasangan calon nomor urut 2 Karna Suswandi - Nyai Khoirani dan pasangan calon nomor urut 1 Yusuf Rio Wahyu Prayogo - Ulfiyah.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024