Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, menjadwalkan tiga kali kegiatan debat antar-pasangan calon bupati dan calon wakil bupati Situbondo pada masa tahapan kampanye Pilkada 2024.

Divisi Sosialisasi, Pendidikan, Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kabupaten Situbondo Agita Primasanti, Rabu, mengemukakan kampanye debat antar-pasangan calon tahap pertama akan dilaksanakan pada tanggal 10 Oktober 2024.

"Kegiatan debat antar-pasangan calon bupati dan calon wakil bupati akan dilaksanakan di studio JTV di Surabaya," katanya kepada wartawan di Situbondo.

Menurut Agita, debat pertama tema besarnya adalah tentang perekonomian dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memajukan daerah (memajukan Kabupaten Situbondo).

Mengenai durasi dalam setiap kegiatan debat antar-pasangan calon diberikan waktu total 180 menit dan disiarkan langsung oleh stasiun televisi regional Jawa Timur tersebut.

"Dalam kegiatan debat ada enam segmen, mulai dari pembukaan oleh presenter/moderator, penyampaian visi misi dua pasangan calon, pendalaman visi misi dan program kerja, tanya jawab dan sanggahan antar-pasangan calon, dan pernyataan penutup (closing statement) pasangan calon," papar Agita.

Ia menjelaskan bahwa debat antar-pasangan calon ini tujuannya agar masyarakat lebih kenal dan tahu visi misi serta program kerja pasangan calon nomor urut 2 Karna Suswandi - Nyai Khoirani dan pasangan calon nomor urut 1 Yusuf Rio Wahyu Prayogo.

"Kegiatan debat pada masa kampanye antar-pasangan calon diatur dalam Peraturan KPU Nomor 13 Tahun 2024," kata Agita Primasanti.

KPU Kabupaten Situbondo juga memberikan kesempatan kepada dua pasangan calon bupati dan wakil bupati melaksanakan kampanye akbar (rapat umum) masing-masing satu kali, sedangkan gubernur maksimal dua kali.

"Rapat umum (kampanye akbar) pasangan cabup-cawabup nomor urut 1 Rio - Ulfiyah pada 20 November, sedangkan pasangan nomor urut 2 Karna Suswandi - Nyai Khoirani pada 21 November," ujarnya.

Tahapan kampanye pemilihan bupati dan wakil bupati Situbondo berlangsung sejak 25 September hingga 23 November 2024, dan sampai saat ini masing-masing pasangan calon telah melaksanakan kegiatan kampanye tatap muka, kampanye terbatas.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Astrid Faidlatul Habibah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024