Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Blitar, Jawa Timur, mengerahkan tim logistik untuk melakukan proses sortir serta pelipatan kotak suara yang digunakan dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota di Pilkada 2024 di Kota Blitar.

Ketua KPU Kota Blitar Rangga Bisma mengemukakan untuk sortir dan pelipatan kotak suara itu dilakukan di gudang KPU Kota Blitar tepatnya di Jalan Bali Kota Blitar.

"Kami melakukan sortir dan melipat kotak suara untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota dilakukan tim logistik KPU Kota Blitar, berjumlah sembilan orang. Untuk jumlahnya kotak suara ada 432 kotak dengan rincian 213 kotak untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur dan 213 untuk pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota," katanya di Blitar, Senin.

Ia menambahkan, KPU Kota Blitar juga mendapatkan kotak suara cadangan sejumlah enam kotak suara tingkat kecamatan dengan rincian masing-masing kecamatan ada dua kotak suara.

Pihaknya menargetkan proses sortir dan melipat kotak suara itu bisa tuntas Senin hari ini, sehingga bisa diketahui apakah ada kekurangan atau kerusakan.

"Total 432 kotak suara yang kami rakit dan temuan dari Bawaslu ada dua kotak yang tidak sesuai sehingga dikembalikan. Kalau yang 430 kotak suara sudah selesai dirakit," kata dia.

Ia menambahkan langsung menindaklanjuti temuan dari Bawaslu Kota Blitar tersebut ke penyedia. Dari pihak penyedia juga sudah memberikan konfirmasi segera mengirimkan kotak suara yang baru yang dikirimkan dengan KPU daerah lainnya yang juga terdapat kerusakan.

Selain kotak suara, Rangga mengatakan terdapat kabel ties yang digunakan untuk mengunci kardus kotak suara sudah datang di kantor KPU Kota Blitar. Saat ini, seluruh barang tersebut disimpan di gudang logistik KPU Kota Blitar.

"Untuk logistik tinta informasi-nya maksimal 3 Oktober 2024dan untuk bilik maksimal 5 Oktober 2024 datang. Yang sudah di gudang itu selain kotak suara ada kabel ties. Baru dua itu," tutur dia.

Pihaknya juga koordinasi dengan Polres Blitar Kota untuk pengamanan gudang logistik KPU Kota Blitar. Proses pengamanan juga akan dibantu dari tim pengamanan KPU Kota Blitar.

Selain itu, KPU juga memasang kamera pengintai yang terhubung sehingga bisa dengan mudah memantau situasi di gudang logistik.

Pilkada di Kota Blitar akan diikuti 120.181 orang pemilih yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT). Jumlah itu antara lain 58.860 orang pemilih laki laki dan 61.321 orang pemilih perempuan.

KPU Kota Blitar juga telah menetapkan pasangan nomor urut 1 untuk calon Wali Kota - calon Wakil Wali Kota Blitar Bambang Rianto-Bayu Setyo Kuncoro serta pasangan nomor urut 2 untuk calon Wali Kota dan calon Wakil Wali Kota Blitar Syauqul Muhibbin-Elim Tyu Samba.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024