Bupati Situbondo Karna Suswandi secara resmi mulai cuti per Rabu (25/9) untuk mengikuti kontestasi Pilkada Serentak 2024 dan seluruh tugas sementara waktu diserahkan kepada Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Situbondo M Aftabuddin Rijaluzzaman.

Bupati Karna Suswandi bersama Wakil Bupati Nyai Khoirani melaksanakan cuti di luar tanggungan negara (CLTN) terhitung 25 September hingga 23 November 2024 karena mengikuti kontestasi Pilkada Serentak 2024.

"Semoga Pak Aftabuddin Rijaluzzaman mampu memberikan warna tersendiri untuk Situbondo, utamanya dalam rangka menyelesaikan visi misi Pemkab Situbondo, yakni berakhlak, adil, sejahtera dan berdaya (Berjaya)," kata Bung Karna, sapaan akrabnya dalam acara penyerahan nota pengantar tugas di Pendopo Kabupaten Situbondo, Rabu.

Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Situbondo M Aftabuddin Rijaluzzaman mengajak seluruh aparatur sipil negara (ASN) setempat untuk tetap menjaga netralitas dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Situbondo serta pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur pada 2024.

"Sebagai individu, setiap orang berhak memilih sesuai dengan hati nuraninya karena hak pilih adalah hak semua warga negara. Tapi ASN tetap menjaga netralitas," katanya.

Aftabuddin mengaku mendapatkan tugas dari Pj Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono melalui surat keputusan Menteri Dalam Negeri menjadi penjabat sementara bupati Situbondo.

Ia mengungkapkan, tugas utama menjadi penjabat sementara bupati yakni menjaga kondusivitas dan mensukseskan pelaksanaan Pilkada Serentak 2024.

"Oleh karena itu kami ingatkan kembali bagi ASN di lingkungan Pemkab Situbondo tetap menjaga netralitas," ucap Aftabuddin.

Afta mengatakan, langkah awal di hari pertamanya menjabat sebagai Penjabat Sementara Bupati Situbondo melakukan rapat kerja bersama dengan semua organisasi perangkat daerah (OPD) dan berkoordinasi dengan Forkopimda terkait pengamanan pilkada.

"Selain berkoordinasi dengan Forkopimda terkait pengamanan pelaksanaan pilkada, hari ini kami juga mulai rapat kerja dengan dinas-dinas, karena tugas kami hanya melanjutkan program yang sudah ada bukan mengganti program apalagi menghapus program yang lama," katanya.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024