Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Madiun, Jawa Timur menggelar deklarasi kampanye damai untuk Pilkada Serentak 2024 yang diikuti oleh tiga pasangan calon (paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Madiun sebagai kontestan pesta demokrasi tersebut di Madiun, Selasa.

Kegiatan deklarasi diawali dengan pawai kendaraan yang mengangkut tiga pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Madiun peserta Pilkada 2024 bersama komisioner KPU setempat.

Pawai tersebut bertujuan untuk mengenalkan para paslon ke masyarakat Kota Madiun. Rute pawai adalah Tugu Titik Nol Kilometer Kota Madiun, Jalan dr Soetomo, Jalan Jawa, Pahlawan Street Center (PSC), dan kembali ke Tugu Titik Nol Kilometer.

"KPU Kota Madiun memfasilitasi kegiatan deklarasi kampanye damai para paslon peserta Pilkada 2024," ujar Ketua KPU Kota Madiun Pita Anjarsari saat kegiatan di Tugu Titik Nol Kilometer Kota Madiun.

Menurut dia, selain sosialisasi pilkada, tujuan dari deklarasi kampanye damai tersebut untuk mengajak semua paslon berkomitmen melaksanakan kampanye dengan aman, damai, jujur, dan menjunjung tinggi sportivitas dalam kontestasi Pilkada Serentak 2024.

"Deklarasi kampanye damai bukanlah hanya seremonial, tetapi juga mencerminkan komitmen semua kandidat, komitmen seluruh pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota selama masa kampanye untuk berkampanye damai," kata dia.

Pita Anjarsari menjelaskan masa kampanye Pilkada 2024 dimulai tanggal 25 September hingga 23 November. Selama masa tersebut, masing-masing paslon dan timnya mengenalkan visi dan misi ke masyarakat dengan cara damai, menjaga kondusivitas, bertanggung jawab, dan berkampanye secara etis dan demokratis untuk mengurangi potensi konflik antar-pendukung.

"Hal-hal yang berpotensi konflik harus dihindari selama kampanye. Kami berharap seluruh paslon dan seluruh elemen masyarakat mendukung terselenggaranya kampanye di kota Madiun berjalan dengan damai, aman, dan kondusif," katanya.

Setelah pawai, kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan deklarasi kampanye damai oleh masing-masing paslon, KPU, Bawaslu, dan forkopimda.

Selain jajaran KPU Kota Madiun dan paslon, kegiatan deklarasi kampanye damai juga dihadiri perwakilan Pj Wali Kota Madiun, Bawaslu Kota Madiun, Kapolres Madiun Kota, Dandim 0803 Madiun, Kepala Kejari Kota Madiun, Ketua Pengadilan Negeri Kota Madiun, dan undangan lainnya.

Pilkada Serentak 2024 di Kota Madiun diikuti oleh tiga pasangan calon. Yakni pasangan nomor urut 1 Inda Raya Ayu Miko Saputri dan Aldi Dwi Prastianto yang diusung oleh PDI Perjuangan.

Pasangan nomor urut 2 Maidi dan Bagus Panuntun yang diusung oleh koalisi enam partai politik, yaitu Partai NasDem, PKS, PKB, Partai Gerindra, Partai Demokrat, dan PSI.

Untuk nomor urut 3 pasangan Bonie Laksmana dan Bagus Rizki Dinarwan yang diusung oleh Partai Golkar dan Perindo.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Astrid Faidlatul Habibah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024