Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, meningkatkan partisipasi pemilih melalui kirab Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024 di daerah setempat, Minggu.

Dalam kegiatan kirab Pilkada Serentak 2024, Maskot Si-Mesi (Merak Baluran Situbondo) dan Maskot Si-Jalih (Jatim Memilih) diarak oleh penyelenggara teknis(ad hoc) mulai panitia pemungutan suara, panitia pemilihan kecamatan hingga komisioner KPU setempat.

"Kirab Maskot Pilgub Jatim (Si-Jalih) dan Maskot Pilbup Situbondo (Si-Mesi) ini diikuti ratusan peserta dari penyelenggara teknis ad hoc PPS, PPK dan komisioner KPU," kata Ketua KPU Kabupaten Situbondo Hadi Prayitno kepada wartawan di Situbondo.



Ia mengungkapkan, kirab Maskot Pilgub Jawa Timur dan Maskot Pilbup Situbondo ini dilakukan juga sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat dengan harapan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat pada pemilihan gubernur Jawa Timur dan pemilihan bupati Situbondo pada 27 November.

Kepada masyarakat pemilih, ia mengajak semuanya untuk berpartisipasi aktif menyukseskan pemilihan kepala daerah dengan harapan warga yang punya hak pilih mendatangi tempat pemungutan suara atau TPS untuk memberikan hak pilihnya.

"Kami berharap masyarakat pemilih datang ke TPS untuk memberikan hak pilihnya pada hari pencoblosan," tutur Hadi.



KPU Kabupaten Situbondo menyatakan bahwa dua pasangan bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati Karna Suswandi-Nyai Khoirani dan Yusuf Rio Wahyu Prayogo-Ulfiyah sudah memenuhi persyaratan calon.

Kedua pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Karna Suswandi-Nyai Khoirani dan Rio-Ulfiyah itu dinyatakan telah memenuhi persyaratan calon setelah dilakukan validasi termasuk perbaikan.

Pada tanggal 22 September 2024 KPU akan menetapkan kedua pasangan bakal calon, dan keesokan harinya tanggal 23 September, tahapan pengundian nomor urut, dilanjutkan tahapan kampanye, sampai 'H-3' pencoblosan.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Astrid Faidlatul Habibah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024