Kabupaten Magetan, Jawa Timur, meraih penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) Tahun 2024 dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia atas upayanya menata transportasi publik dengan baik.

Penghargaan WTN 2024 tersebut diserahkan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kepada Pj Bupati Magetan Nizhamul di Ballroom JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat pada Sabtu (7/9/2024).

Pj Bupati Magetan Nizhamul dalam keterangannya di Magetan, Minggu mengatakan, Kabupaten Magetan menerima WTN untuk kategori Kota Kecil. Menurut dia, pencapaian itu tidak lepas dari kerja keras Pemkab Magetan dan semua elemen masyarakat dalam menata daerahnya secara menyeluruh, terutama lalu lintas dan transportasi jalannya.

"Wahana Tata Nugraha ini diraih, tentunya bukan hasil kerja dari Pemkab Magetan atau Dishub Kabupaten Magetan saja, melainkan merupakan wujud hasil dukungan dari seluruh elemen masyarakat Magetan di dalam pengelolaan transportasi di Magetan. Terima kasih masyarakat Magetan," ujarnya.

Ia berharap apa yang telah diraih saat ini bisa dipertahankan. Pihaknya juga meminta warga Magetan untuk terus berpartisipasi mendukung kelancaran serta ketertiban dalam berlalu lintas.

"Dengan diraihnya prestasi ini tentunya jangan membuat kita jumawa. Prestasi ini untuk menambah motivasi dan semangat agar lebih meningkatkan dan menata lagi layanan transportasi dan fasilitas lainnya untuk menjadi lebih baik lagi," kata Nizhamul.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, penghargaan ini menjadi bukti dan komitmen Pemkab Magetan dalam menata transportasi serta fasilitas publik yang nyaman, aman, dan tertib.

Penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) merupakan penghargaan yang diberikan kepada provinsi, kota atau kabupaten yang mampu menata transportasi dan fasilitas publik dengan baik.

Adapun, selain Magetan ada 26 kabupaten lain se-Indonesia, yang mendapatkan penghargaan untuk kategori yang sama kota kecil.

Sedang untuk se-Jawa Timur yang menerima WTN kategori kota kecil antara lain Pemkab Tuban, Pemkab Nganjuk, Pemkab Gresik, Pemkab Bojonegoro, Pemkab Kediri, Pemkab Pacitan, Pemkab Blitar, Pemkab Tulungagung, Pemkab Trenggalek, dan Pemkab Mojokerto.

Selain kategori kota kecil terdapat penghargaan WTN kategori kota raya, kota besar, dan kota sedang untuk kabupaten/kota. Juga penghargaan WTN Wiratama untuk kategori provinsi, salah satunya yang berhasil diraih oleh Provinsi Jawa Timur.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024