Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep akan mengumumkan hasil pemeriksaan kesehatan dua bakal pasangan calon (paslon) bupati-wakil bupati setempat pada Kamis, 5 September 2024.

"Kami sudah menerima hasil pemeriksaan kesehatan dua bapaslon dari RSPAL Dr Ramelan Surabaya pada Senin (2/9) sore. Kami akan umumkan hasil pemeriksaan tersebut pada Kamis (5/9)," kata komisioner KPU Sumenep Abdul Aziz melalui telepon dari Surabaya, Selasa.

KPU Sumenep telah menerima pendaftaran dua bakal pasangan calon bupati-wakil bupati dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) setempat 2024 pada 29 Agustus.

Dua bapaslon itu adalah Achmad Fauzi Wongsojudo-KH Imam Hasyim yang diusung gabungan delapan partai politik (parpol) dan Ali Fikri- Muh Unais Ali Hisyam oleh gabungan dua parpol.

Selama dua hari lalu, yakni pada Sabtu (31/8) dan Minggu (1/9), dua bakal pasangan calon tersebut menjalani pemeriksaan kesehatan di RSPAL Dr Ramelan Surabaya sebagai persyaratan untuk Pilkada Sumenep 2024.

Pemeriksaan kesehatan selama dua hari bagi dua bakal pasangan calon itu meliputi kesehatan kejiwaan dan jasmani, termasuk tes bebas narkoba.

"Hasil pemeriksaan kesehatan sudah di tangan kami dan kami harus rapat pleno dulu sebelum mengumumkan hasil pemeriksaan kesehatan tersebut ke publik," kata Aziz.

Saat ini, KPU Sumenep melakukan penelitian persyaratan administrasi bakal pasangan calon hingga Rabu (4/9).

Setelah itu, jika ada hal yang harus diperbaiki, tahapan perbaikan dan penyerahan perbaikan persyaratan administrasi bakal pasangan calon oleh parpol/gabungan parpol pengusung hingga 8 September 2024.

Pilkada Serentak 2024 termasuk Pilkada Sumenep 2024 dilaksanakan pada 27 November.

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024