Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jember, Jawa Timur, menerima
petahana Bupati Jember Hendy Siswanto dan Wakil Bupati Jember M. Balya Firjaun Barlaman yang mendaftar sebagai bakal calon bupati dan wakil bupati Jember dalam pilkada serentak ke Kantor KPU setempat dengan dukungan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) pada Kamis.

"Hari ini berkas pendaftaran bakal cabup-cawabup Bapak Hendy-Gus Firjaun sudah kami terima dan berkas lengkap, termasuk pengunduran diri sebagai bupati dan wakil bupati, namun kami akan melakukan pemeriksaan berkas lebih lanjut," kata Ketua KPU Jember Dessi Anggraeni di Kantor KPU setempat.

Menurutnya, hari Kamis (29/8) merupakan hari terakhir pendaftaran calon kepala daerah yang akan maju dalam pilkada serentak, namun penutupan pendaftaran pada pukul 23.59 WIB.

"Kami akan melakukan verifikasi berkas pendaftaran dua pasangan calon yang sudah mendaftar yakni M. Fawait-Djoko Susanto dan Hendy-M. Balya Firjaun Barlaman hingga awal September 2024," tuturnya.

Saat ditanya apakah akan ada bakal cabup lagi yang mendaftar, Dessi mengatakan pihaknya tidak menerima informasi secara resmi terkait dengan bakal cabup lain yang akan mendaftar, namun pihaknya tetap akan siaga di Kantor KPU Jember hingga batas akhir pendaftaran pada pukul 23.59 WIB.

Sementara petahana Bupati Jember Hendy Siswanto mengaku bersyukur bisa mendaftar ke KPU Jember dengan diusung oleh PDIP pascaputusan MK Nomor 60/PUU-XXII/2024.

"Kami tidak gentar melawan pasangan cabup-cawabup lain yang diusung oleh koalisi besar yakni 15 parpol karena kami bersama rakyat dan PDIP, sehingga tidak ada masalah," katanya.

Ia menjelaskan pihaknya akan memperbaiki kinerja yang sudah dibangun bersama Gus Firjaun selama 3,5 tahun, sehingga optimistis bisa menang mutlak bersama rakyat.

Sebelum mendaftar, Hendy bersama Gus Firjaun shalat dhuhur berjamaah di Masjid Raudlatul Muchlisin dan dilanjutkan ziarah ke makam KH Muhammad Shidiq yang merupakan kakek Gus Firjaun, kemudian mengendarai mobil Maung buatan Pindad langsung menuju ke Kantor KPU Jember.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024