Santri milenial di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Minggu, menggelar deklarasi dan menyatakan dukungan kepada Bakal Calon Bupati/ Bakal Calon Wakil Bupati dari kalangan kiai.

Menurut Koordinator Santri Milenial Sumenep Imam Tabrani, dukungan kepada pasangan Bacabup/Bacawabup Sumenep pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 ini, agar pemimpin di kabupaten paling timur di Pulau Madura tersebut memiliki komitmen kuat atas terwujudnya tata kelola pemerintahan yang berakhlak.

"Karena itu, kami para santri saat ini mendeklarasikan diri sebagai orang yang siap berjihad untuk menjadikan pemimpin bupati dari kalangan kiai dan Wakil Bupati kiai," katanya.

Dalam keterangan tertulis yang disampaikan kepada media, Minggu malam, Imam lebih lanjut menjelaskan, bahwa gerakan itu juga menyerukan kepada seluruh elemen masyarakat, khususnya alumni santri, untuk bergabung dalam perjuangan tersebut.

Para santri ini juga menginginkan agar Pilkada Sumenep tidak terjadi calon tunggal dan mendesak partai politik yang belum mengeluarkan rekomendasi untuk segera mendukung pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati dari kalangan kiai.

"Komitmen ini harapannya kami alumni santri se-Kabupaten Sumenep menginginkan agar pilkada di Sumenep tidak terjadi calon tunggal, meminta kepada elit-elit partai politik yang belum mengeluarkan rekomendasi partai untuk segera mendukung pemimpin Bupati Kiai dan Wakil Bupati kiai," tegas Imam Thabrani.

Secara khusus, gerakan ini menyuarakan dukungan terhadap Kiai Fikri dan Kiai Unais sebagai pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati.

Kedua tokoh ini dinilai memiliki integritas dan pengalaman politik yang cukup untuk memimpin Kabupaten Sumenep ke arah yang lebih baik.

Gerakan santri ini menjadi sinyalemen kuat bahwa masyarakat Sumenep mendambakan kepemimpinan yang berlandaskan nilai-nilai keagamaan dan berpihak pada kepentingan umat.

Sebelumnya pada 23 Agustus 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengumumkan bahwa pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Sumenep akan dimulai pada 27 Agustus 2024 ini.

Pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati yang telah mengantongi rekomendasi hingga 24 Agustus 2024 ini hanya satu pasangan, yakni Akhmad Fauzi Wongsoyudo dan KH Ilyasi Sirad.

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024