Gekrafs Kota Batu, Jawa Timur memberikan pelatihan bisnis dan pajak kepada pengusaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk mengatasi masalah kelemahan dalam mengatur administrasi dan manajemen keuangan.

Ketua Gekrafs Kota Batu Lalu Mahendra di seusai kegiatan bertema "Melek Bisnis dan Pajak Bersama Gekrafs Batu" di Kota Batu, Rabu mengatakan, UMKM di setempat memiliki potensi besar yang perlu dikembangkan.

"Tantangan seperti kurangnya pengetahuan keuangan dan perpajakan, sering kali menghambat perkembangan UMKM. Pelatihan ini diharapkan dapat menjawab tantangan tersebut," katanya.

Ketua Gekrafs DPW Provinsi Jawa Timur Rian Septrianto Maulana menyampaikan bahwa pelatihan ini telah menciptakan banyak kolaborasi dan memberikan dampak positif terhadap perkembangan UMKM di Kota Batu dan sekitarnya.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu Arief  Sidiq sangat mengapresiasi pelatihan ini. Sangat penting berkolaborasi untuk memajukan ekonomi kreatif di Kota Batu.

"Dengan berkolaborasi dan membangun visi serta rencana kerja yang matang, kami berharap dapat meningkatkan produktivitas dan kreativitas ekonomi kreatif di Kota Batu," ujar Arief.

Gekrafs Kota Batu sendiri berharap melalui pelatihan ini, para pelaku UMKM dapat lebih melek bisnis dan pajak, sehingga mampu mengembangkan bisnis mereka secara optimal.

Dengan dukungan dari berbagai pihak, termasuk Dinas Pariwisata Kota Batu, Gekrafs Kota Batu optimis bahwa kegiatan ini akan memberikan kontribusi positif bagi kemajuan ekonomi kreatif di Kota Batu.

Ada dua narasumber yang dihadirkan dalam kegiatan ini. Mereka adalah KJPP SISCO Satria Wicaksono yang memberikan materi tentang “Akuntansi Pencatatan dan Pembukuan Laporan Keuangan bagi Pelaku UMKM”, serta “Perhitungan Perpajakan untuk Wajib Pajak Pribadi dan Badan serta Tata Cara Pelaporannya”.

Sedangkan CEO Baba Rafi Hendy Setiono menyampaikan materi “Pengenalan dan Analisis Bisnis, Etika, Potensi Pengelolaan, dan Pengembangan Bisnis”.

Sementara untuk peserta kegiatan ini ada sebanyak 94 peserta dari UMKM di Kota Batu dan sekitarnya yang antusias untuk menambah pengetahuan dan keterampilan dalam pengelolaan keuangan.



 

Pewarta: Willi Irawan

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024