Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo, Jawa Timur, bekerja sama dengan lembaga sosial John Fawcett Foundation (JFF) memberikan pelayanan pemeriksaan dan operasi mata katarak gratis bagi 2.000 orang selama lima hari mulai 2-6 Juli 2024.

Bupati Situbondo Karna Suswandi meminta masyarakat memanfaatkan layanan pemeriksaan, pemberian kacamata, dan operasi mata katarak gratis bertajuk "Semangat Soca Terak" (Sinergi Melayani Masyarakat Situbondo, Cegah Kebutaan dengan Operasi Katarak) tersebut.

"Layanan pemeriksaan kesehatan mata dan operasi mata katarak gratis ini merupakan upaya pemerintah mengurangi angka kebutaan di Situbondo," ujar Bung Karna, sapaan Bupati Karna Suswandi, usai meninjau pelaksanaan operasi mata katarak di Gedung Serbaguna Situbondo, Jawa Timur, Selasa.

Pelaksanaan bakti sosial pemeriksaan kesehatan mata dan operasi katarak gratis ini, kata dia, diharapkan bisa membantu masyarakat kurang mampu yang mempunyai keluhan kesehatan mata.

"Pemeriksaan dan operasi atarak gratis tahun ini Insya-Allah akan dilaksanakan dua kali," kata Bupati Karna Suswandi.

Project Manager JFF Komang Wardhana mengemukakan kegiatan bakti sosial bekerja sama dengan Pemkab Situbondo ini adalah yang ke delapan kalinya sejak tahun 2017.

"Kegiatan kemanusiaan selain operasi mata katarak gratis, juga pemberian kacamata gratis bagi penderita gangguan mata," katanya.

Dalam kegiatan itu, kata Komang, ada 24 paramedis dilibatkan dan tujuh dokter spesialis mata yang menangani operasi katarak di ruang operasi, pelaksanaan operasi di dalam bus khusus yang disediakan panitia.

"Kami juga bekerja sama Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami) Jawa Timur dan Perdami Malang Raya dalam kegiatan bakti sosial pemeriksaan dan operasi mata katarak gratis," katanya.

Informasi yang dihimpun ANTARA, peserta pemeriksaan mata dan operasi katarak gratis ini tersebar di 136 desa/kelurahan, 17 kecamatan. Mereka mendaftar melalui fasilitas kesehatan terdekat yang tersebar di seluruh desa maupun kecamatan (puskesmas).

Jhon Fawcett Foundation merupakan lembaga sosial bergerak di bidang bantuan sosial kemanusiaan, salah satunya bidang kesehatan yang fokus melakukan pemeriksaan mata dan operasi katarak di beberapa daerah di Indonesia.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024