Badan Pelaksana Pengelola (BPP) Masjid Al Akbar (MAS) menyiapkan sejumlah area dengan daya tampung mencapai 40 ribu orang pada pelaksanaan Shalat Idul Adha 1445 Hijriah/ 2024, Senin (17/6).

Area tersebut, meliputi pantai 1 dan 2, serta halaman Masjid Nasional Al Akbar. Pelaksanaan ibadah dilaksanakan pukul 06.00, dengan dipimpin oleh Imam Besar MAS KH Abdul Hamid Abdullah, sedangkan untuk khatib adalah Plt Kakanwil Kemenag Jatim Drs H Mufi Imron Rosyadi.

"Demi kelancaran Sholat Idul Adha kami menyiapkan beberapa akses jamaah yang berbeda untuk jamaah putri dan putra, mengingat Masjid Al Akbar memiliki 45 pintu," kata Humas MAS Helmy M Noor, dalam keterangannya yang diterima di Surabaya, Minggu.

Bagi jamaah pria nantinya bisa masuk area utama masjid melalui sisi utara atau lorong wudlu antara pintu 5 dan 6, sedangkan di sisi timur melewati pintu 23 serta 25. 

Kemudian dari selatan melewati pintu 41, 43, 44, dan pintu lorong wudhu antara pintu 40 serta 41.

Bagi jamaah wanita bisa masuk dari sisi utara atau masuk lewat pintu nomor 1,3,4, dan 8.

Selanjutnya, di sisi timur masuk melewati pintu 12, 13, 14, 16, 17, 18, 19, 32, 33, dan 34. Lalu dari sisi selatan bisa melalui pintu nomor 37, 38, serta 39.

"Untuk memudahkan dan sebagai panduan tentang Masjid Al Akbar yang memiliki 45 pintu, kami menyarankan jamaah untuk mengakses aplikasi "Virtual Tour 3D Masjid Al Akbar" di https://www.masjidalakbar.or.id/virtualtour/," ujarnya.

Helmy menyebut panitia sudah mempersiapkan titik parkir roda dua di sisi utara masjid, kapasitasnya 1.500 unit dan roda empat ditempatkan di sisi selatan, dengan daya tampung 100 unit.

"Khusus sisi area barat masjid untuk parkir undangan atau yang tertempel stiker VIP dengan kapasitas 100 unit," ujarnya.

Untuk lokasi parkir lainnya, yakni di area lapangan Pasar Rakyat Jambangan, area parkir Gereja Katolik Sakramen Mahakudus, area SMPN 22 Surabaya, Halaman Gedung MUI dan area badan jalan kawasan Masjid Al Akbar yang dikoordinasikan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya.

"Untuk kenyamanan jamaah, Masjid Al Akbar menyiapkan tim medis dari RSUD dr Soetomo terdiri dari 1 dokter 2 perawat. Kemudian 30 petugas PMI Kota Surabaya, 2 dokter dari Poliklinik Masjid Al Akbar, dengan mobil ambulans ada 3 unit," tuturnya.

Masjid Al Akbar mengimbau kepada para jamaah agar membawa masuk alas kaki ke dalam area masjid dengan cara dibungkus tas kecil atau sejenisnya.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024