Dewan Pimpinan Daerah Partai Golkar Jawa Timur menargetkan lima kabupaten/kota dipimpin oleh kader internal melalui Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Golkar Jawa Timur M Sarmuji dalam keterangan resmi yang diterima di Surabaya, Senin, menyatakan terdapat daerah yang berpotensi bisa dimenangkan, yakni Kota Madiun, Kota Pasuruan, dan Kabupaten Lamongan.

"Saya meyakini kami mampu memiliki kepala daerah dalam jumlah yang cukup, tahun 2024 ini punya kepala daerah," kata Sarmuji.

Selain tiga daerah itu, Sarmuji menyebut bahwa Kota dan Kabupaten Probolinggo punya peluang yang sama untuk dipimpin oleh kader Golkar.

Lebih lanjut, kata dia, hal itu melihat pada hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang diselenggarakan pada 14 Februari 2024.

"Di Kota Probolinggo Golkar pemenangan di Pemilu dengan perolehan tujuh kursi. Di Kabupaten Problinggo juga dimenangkan, kami memiliki 10 kursi," ucapnya.

Kendati demikian, Sarmuji pun menyatakan membuka diri bagi seluruh kader Golkar yang ingin mencalonkan diri pada kontestasi Pilkada 2024 dengan segala penghitungan rasional.

"Misalnya di Kota Probolinggo, kader tersebut setelah merenungi jauh pada akhirnya kader tersebut bertemu saya dan memutuskan maju," tutur dia.

Terkait Pilkada Surabaya, Sarmuji menyebut dinamika politik di Ibu Kota Jawa Timur masih sangat dinamis. Namun, tetap mendukung terjunnya kader internal.

"Tetapi tetap menghitung sejauh mana peluang untuk menang dan survei menjadi salah satu instrumennya," kata dia.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024