Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Malang meningkatkan kemudahan pelayanan untuk masyarakat dengan program pengiriman paspor dan pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang lebih efisien.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Jawa Timur Heni Yuwono di Kota Malang, Jawa Timur, Jumat mengatakan bahwa kemudahan pelayanan tersebut diberikan setelah dilakukan kerja sama dengan PT Pos Indonesia.

"Kami terus mendorong kemudahan pelayanan kepada masyarakat," kata Heni.

Ia menjelaskan inovasi pelayanan berupa pengiriman paspor menggunakan jasa PT Pos Indonesia tersebut menjadikan Kantor Pelayanan Imigrasi Malang menjadi terdepan dalam memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat.

Dengan berbagai inovasi yang dilakukan Kantor Imigrasi Malang tersebut, diharapkan bisa meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani dengan semangat sinergi dan kolaborasi yang selama ini telah dijalankan.

"Kami mengapresiasi langkah yang diambil Imigrasi Malang. Kami yakin Imigrasi Malang bisa meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani dengan semangat sinergi dan kolaborasi yang dijalankan," katanya.

Dalam kesempatan itu, Kepala Kantor Imigrasi Malang Galih Priya Kartika Perdhana menambahkan, kerja sama dengan PT Pos Indonesia tersebut penting dalam memenuhi kebutuhan publik untuk masyarakat.

Dengan ditandatanganinya kerja sama antara Kantor Imigrasi Malang dengan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut, diharapkan bisa meningkatkan pelayanan paspor untuk memenuhi layanan paspor yang menjadi salah satu layanan utama di Imigrasi Malang.

"Penandatanganan PKS ini menandai kerja sama yang erat antara instansi dan BUMN untuk memastikan pengiriman paspor dan pembayaran PNBP paspor atau payment gateway yang lebih efisien dan andal bagi masyarakat," kata Galih.

Sementara itu Kepala PT Pos Indonesia Cabang Malang, Ahmad Ridwan, menyambut baik kesempatan untuk mendukung pelayanan publik yang lebih baik dari Kantor Imigrasi Malang. Diharapkan, kerja sama tersebut bisa berjalan jangka panjang.

"Tentu kami berharap kerja sama yang baik ini bisa terus berlangsung ke depannya," katanya.

Dalam Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Kantor Imigrasi Malang dengan PT Pos Indonesia tersebut mencakup sejumlah aspek yakni peningkatan sistem pelacakan pengiriman, pengiriman yang cepat dan jaminan keamanan pengiriman paspor serta pembayaran PNBP paspor.

Diharapkan, kerja sama tersebut dapat memberikan manfaat konkret bagi masyarakat yang membutuhkan layanan pengiriman paspor di wilayah Malang dan sekitarnya, atau bahkan di seluruh Indonesia.

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024