PT KAI (Pesero) Daop 7 Madiun mencatat sebanyak 10.958 pemudik tiba di Stasiun Madiun pada Sabtu, 6 April 2024 atau H-4 Idul Fitri 1445 Hijriah yang diprediksi merupakan puncak arus mudik di stasiun terbesar wilayah Daop 7 tersebut.

"Hingga siang tadi jumlah penumpang yang turun di Stasiun Madiun mencapai 10.958 orang. Sedangkan, yang berangkat dari Stasiun Madiun ada 4.991 orang. Jumlah tersebut diperkirakan masih akan bertambah hingga malam ini di Stasiun Madiun sebagai stasiun terpadat di wilayah Daop 7 Madiun," ujar Manajer Humas Daop 7 Madiun Kuswardojo, Sabtu.

Pihaknya menilai tanggal 6 April 2024 sebagai puncak arus mudik karena sejumlah perusahaan dan instansi sudah mulai libur Lebaran sehingga momentum tersebut dimanfaatkan masyarakat untuk mudik ke kampung halaman.

Sementara, sejak 31 Maret hingga Sabtu hari ini, secara total sudah ada 34.650 penumpang diberangkatkan dari sejumlah stasiun Daop 7 dan sebanyak 62.529 penumpang tiba di stasiun-stasiun yang terdapat dalam wilayah Daop 7 Madiun.

Guna memberikan layanan ekstra pada penumpang yang mengalami kenaikan volume saat lebaran, KAI Daop 7 Madiun menyiapkan layanan "Customer Service Mobile" yang juga melibatkan komunitas Railfans Daop Pitoe untuk memberikan pelayanan di sejumlah stasiun di wilayah Daop 7 Madiun.

"Dengan persiapan yang matang dan kolaborasi yang erat antara KAI Daop 7 Madiun dan komunitas pecinta KA, semoga kerja sama ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi seluruh masyarakat yang merayakan hari raya Idul Fitri, terlebih para pemudik yang menggunakan jasa transportasi KA," katanya.

 

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024