Peringatan HUT ke-118 Kota Blitar kali ini cukup berbeda dan meriah. Meskipun sebagian besar masyarakat tengah menjalankan ibadah puasa Ramadhan, tapi tak mengurangi semangatnya dalam mengikuti tarian massal atau Flashmob yang diiringi oleh lagu "Blitar Kawentar"  di Alun-Alun Blitar pada Senin (1/4).

Wali Kota Blitar, Santoso, turut serta dalam flashmob ini bersama dengan Wakil Wali Kota Tjutjuk Sunario, Sekda Priyo Suhartono, Kepala OPD, pimpinan DPRD Kota Blitar dan Forkopimda. Mereka menunjukkan semangat dan kebersamaan dengan bergabung dalam gerakan menyenangkan ini, yang menjadi bukti nyata dari solidaritas dan kekompakan unsur pemerintah daerah dengan masyarakatnya dalam memperingati Hari Jadi Kota Blitar.

Lagu "Blitar Kawentar"  sendiri merupakan sebuah lagu yang telah menjadi simbol kebanggaan dan identitas bagi warga Kota Blitar. Sambil melangkah dengan lincah dan penuh kegembiraan, peserta flashmob menampilkan gerakan-gerakan yang enerjik, menciptakan suasana riang dan meriah.

Partisipasi aktif dari Wali Kota, Wakil Wali Kota,  Sekda, pimpinan DPRD Kota Blitar, Forkopimda dan Kepala OPD  dalam flashmob ini memberikan pesan kuat tentang pentingnya kesatuan dan kebersamaan dalam membangun Kota Blitar. Selain itu, tingginya antusiasme dari seluruh peserta flashmob juga menunjukkan rasa bangga dan cinta mereka terhadap Kota Blitar, yang telah menjadi bagian tak terpisahkan dari identitas dan kebanggaan mereka.
 
Flashmob "Blitar Kawentar" menjadi momen yang tak terlupakan, memperkuat ikatan emosional antara masyarakat dan kota mereka, serta mengukuhkan semangat untuk terus menjaga dan memajukan Kota Blitar ke arah yang lebih baik di masa depan. “Flashmob ini bukan hanya sekadar acara hiburan, tetapi juga menjadi momentum penting dalam memperkuat ikatan emosional dan kebersamaan di antara kita semua,” ungkap Wali Kota Blitar, Santoso.

Flashmob ini bukan hanya sekadar acara yang menyenangkan, tetapi juga merupakan media promosi yang efektif bagi Kota Blitar. Melalui video yang diambil dari flashmob ini, pemerintah daerah berencana untuk mengunggahnya di akun media sosial resmi, seperti Instagram, Facebook, dan YouTube, sebagai bagian dari upaya promosi destinasi wisata dan kegiatan budaya di Kota Blitar.

Dengan mengunggah video flashmob tersebut, pemerintah daerah dapat menjangkau audiens yang lebih luas, termasuk masyarakat lokal, wisatawan potensial, dan juga para pemangku kepentingan lainnya. Video ini tidak hanya akan menghibur, tetapi juga akan memperkuat citra Kota Blitar sebagai kota yang kaya akan kebudayaan, semangat kebersamaan, dan kebanggaan akan warisan budaya dan sejarahnya. Serta menjadi sarana promosi, dan juga menjadi cara yang efektif untuk membangun kesadaran dan rasa bangga terhadap identitas dan sejarah Kota Blitar.

“Mari kita terus memelihara semangat kebersamaan ini dan bekerja bersama untuk mewujudkan masa depan yang gemilang bagi Kota Blitar. Bersama-sama, kita pasti bisa mencapai lebih banyak prestasi dan kesuksesan di masa yang akan datang. Terima kasih dan semoga Kota Blitar terus maju dan berkembang pesat,” pungkas Santoso.
Upacara  peringatan Hari Jadi ke-118 Kota Blitar. (ANTARA/Irfan)

Sebelum dilakukan Flashmob, Walikota Blitar sempat melaksanakan upacara  peringatan Hari Jadi ke-118 Kota Blitar ditempat yang sama. Dalam suasana yang penuh semangat dan kebanggaan, Wali Kota Blitar, Santoso, memimpin upacara yang dihadiri oleh Bupati Blitar Rini Syarifah, Wakil Wali Kota, Sekda, Pimpinan DPRD, Forkopimda, bupati dan wali kota dari beberapa daerah, kepala bakorwil Malang, kepala OPD terkait, serta seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Kota Blitar dan TNI/Polri. Mengusung tema “Keren Kuthane, Mulya Wargane”, upacara ini menjadi momen penting untuk merenungkan perjalanan Kota Blitar sepanjang 118 tahun terakhir.

Dalam sambutannya, Wali Kota Blitar, Santoso, mengajak seluruh peserta upacara untuk bersama-sama memanjatkan puji dan rasa syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat dan karunia yang telah diberikan. Dengan suara yang merdu dan penuh kehangatan, Santoso menegaskan pentingnya menjaga hubungan yang kokoh dengan Sang Pencipta dalam setiap langkah pembangunan dan kemajuan yang dijalani oleh Kota Blitar.

"Mari kita bersama-sama mengucapkan puji syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan perlindungan kepada kita semua, sehingga Kota Blitar dapat terus berkembang dan memperlihatkan prestasi yang gemilang," ujarnya dengan penuh keyakinan.

Sambutan tersebut menjadi momen yang menggetarkan hati seluruh peserta upacara, memantik semangat dan tekad untuk terus berjuang demi kemajuan Kota Blitar yang lebih baik.

Sebagai informasi, 1 April setiap tahunnya menjadi momen bersejarah bagi Kota Blitar karena pada hari itu diperingati terbentuknya Gemente Blitar 118 tahun yang lalu. Peringatan Hari Jadi Kota Blitar adalah ungkapan rasa syukur atas berkat dan rahmat Allah SWT terhadap perjalanan sejarah Kota Blitar yang penuh dinamika hingga mencapai kemajuan seperti yang dirasakan saat ini.(*)

Pewarta: Irfan Ansori

Editor : A Malik Ibrahim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024